DPR Sebut Digitalisasi Penting Bagi Pengembangan UMKM

JAKARTA, Harnasnews – DPR menilai perkembangan ruang digital Indonesia semakin berkembang pesat. Untuk itu digitalisasi dianggap sangat penting bagi pengembangan UMKM.

Hal itu disampaikan Ketua Komisi 1 DPR Meutya Hafid dalam keynote speakernya dalam acara webinar Ngobrol Bareng Legislator bertajuk Optimalisasi Ruang Digital Bagi UMKM, yang diselenggarakan di Jakarta, Jumat (29/7). Webinar via zoom yang diselenggarakan DPR bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) diikuti 250 mahasiswa dari wilayah Sumatera Utara dan sebagian wilayah Jabodetabek menghadirkan Dirjen Aptika Kemenkominfo, Semuel Abrijani Pangerapan dan Owner Electrica Panda, M Rizki Saragih sebagai narasumber.

“Ruang digital Indonesia semakin berkembang pesat. Ini bisa dilihat dari pengguna internet di Indonesia yang mengalami peningkatan cukup pesat dalam kurun waktu lima tahun terakhir. Untuk itu Digitalisasi UMKM penting dilakukan agar usaha mereka tak tertinggal dan dapat beradaptasi,” ujar Meutya Hafid.

Politisi perempuan Partai Golkar itu mengatakan ruang digital yang terus berkembang hingga saat ini merupakan momentum untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional melalui ruang digital.

Untuk itu, ia menyarankan strategi para pelaku UMKM di era pandemi perlu memperkuat sistem digital dengan memanfaatkan pemasaran daring via media sosial, laman dan marketplace.

“Perlu juga berkolaborasi dengan mitra bisnis, menambah tipe produk serta meningkatkan inovasi produk dan pelayanan,” ujarnya.

Sementara itu, Dirjen Aplikasi Informatika Kemenkominfo, Semuel A Pangerapan mengatakan pesatnya peran teknologi semakin terpacu dengan adanya pandemi Covid-19 mendorong semua pihak untuk berinteraksi dan melakukan berbagai aktivitas di ruang digital.

Leave A Reply

Your email address will not be published.