DPR Tegaskan Pentingnya Digitalisasi UMKM

JAKARTA, Harnasnews – Ketua Komisi 1 DPR Meutya Hafid menegaskan pentingnya digitalisasi UMKM. Perkembangan teknologi saat ini berkontribusi besar pada perubahan perilaku masyarakat yang semakin banyak melakukan aktivitas dan bertransaksi secara daring.

Hal itu disampaikan Meutya Hafid dalam keynote speakernya pada acara webinar Ngobrol Bareng Legislator bertajuk Optimalisasi Ruang Digital Bagi UMKM, yang diselenggarakan, di Jakarta, Jumat (3/3).

Webinar via zoom yang diselenggarakan DPR bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) diikuti 250 mahasiswa dari wilayah Sumatera Utara dan sebagian wilayah Jabodetabek.

Digitalisasi UMKM, kata Meutya Hafid, dapat memperluas akses pasar serta meningkatkan daya saing.

“Kemajuan teknologi, terutama internet dapat membuka akses UMKM untuk memasuki pasar nasional dan internasional dengan biaya terjangkau,” ujarnya.

Pemanfaatan internet juga membantu pelaku UMKM mencari bahan baku yang variatif, komunikasi yang lebih mudah dengan pembeli, efisiensi operasional bisnis, hingga pilihan pembayaran yang mudah dan cepat.

Sementara itu, Founder Borna Art, Muhammad Akhyar Al Fachri yang menjadi narasumber pada acara itu mengatakan pandemi Covid-19 membuat masyarakat beralih ke digitalisasi.

Menurut Akhyar, dari data yang ada, pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada di Indonesia sebanyak 64 juta, namun yang sudah memanfaatkan platform digital baru 20 juta UMKM.

Selain Founder Borna Art, Muhammad Akhyar Al Fachri, webinar itu juga menghadirkan entreprenuer yang juga Direktur Utama PT Mushiro Jaya Utama, Medan, Siti Aisyah Siregar. (*)

Leave A Reply

Your email address will not be published.