Dubes: Suksesnya Pemilu 2024 Tunjukkan Kematangan Demokrasi Indonesia

JAKARTA, Harnasnews – Duta Besar Republik Indonesia untuk Turki Achmad Rizal Purnama menyeru semua pihak untuk mengawal Pemilu 2024 karena kesuksesannya akan menunjukkan kematangan demokrasi di Indonesia kepada masyarakat dunia.

“Kita semua harus mengawal Pemilu 2024 untuk memilih pemimpin terbaik Indonesia guna mencapai Indonesia Emas tahun 2045. Kesuksesan pemilu Indonesia tahun 2024 juga untuk menunjukkan kematangan demokrasi Indonesia kepada dunia, termasuk kepada Turki,” kata Rizal, sebagaimana pernyataan tertulis yang diterima, Minggu.

Usai menghadiri Deklarasi Pemilu Damai di Ankara, Turki, Sabtu (3/2) waktu setempat, Rizal mengatakan bahwa mewujudkan pemilu yang jujur dan adil merupakan tanggung jawab bersama seluruh elemen bangsa Indonesia di Turki.

Ia turut mendorong perwakilan RI di luar negeri untuk terus mendorong upaya penegakan prinsip pemilu yang jujur, akuntabel, dan transparan demi terwujudnya pemilu yang damai.

Sementara itu, Konsul Jenderal RI di Istanbul Darianto Harsono menyoroti perlunya menguatkan konsolidasi masyarakat Indonesia di Turki, yang umumnya terdiri dari pelajar SMA dan perguruan tinggi, ekspatriat, serta WNI yang menikah dengan warga setempat.

“Dengan jumlah 6.161 suara, kami perlu kuatkan konsolidasi di tengah masyarakat Indonesia di Turki dan menghindari perpecahan,” ucapnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.