Ekky Pitung Terpilih Ketua Umum Bamus Betawi 2023 – 2028

 

JAKARTA, Harnasnews – Pelaksanaan Pemilihan Ketua Umum dan Majelis Adat Musyawarah Besar (Mubes) Badan Musyawarah (Bamus) Betawi ke – VIII masa bhakti 2023-2028 dilaksanakan di Al-Jazeera Polonia Hall, Jl. Cipinang Cempedak I no. 29, Jatinegara, Jakarta Timur Minggu (8/10/2023).

Ketua Panitia OC, H. Yudhie Moeljono mengatakan, acara Mubes Bamus Betawi sudah di jalankan secara maksimal, terutama untuk menyambut para peserta yang hadir untuk mendukung pelaksanaan Mubes Bamus Betawi VIII yang diselenggarakan pada hari ini, minggu tanggal 8 Oktober 2023.

“Kami selaku panitia tetap berkomitmen menggelar acara Mubes Bamus Betawi ke-VIII. Dihadiri  51 ormas Betawi dan insya Allah sesuai dengan amanah AD/ART organisasi. Pemilihan Ketua Umum dan Majelis Adat Bamus Betawi dalam Mubes  VIII berjalan lancar,” ujar  Ketua Panitia OC, H. Yudhie Moeljono.

Selain itu, H. Buchori, selaku Ketua SC menuturkan, pelaksanaan acara tetap dilaksanakan sesuai dengan amanah maupun petunjuk dari orang tua maupun tokoh-tokoh Betawi.

“Mubes Bamus Betawi ke – VIII  yang dilaksanakan sudah sesuai dengan AD/ART Bamus Betawi maupun SK Ketua Umum (Formatur Tunggal) Nomor : 03/SKFT/Bamus Betawi/V/2020 Tentang Perubahan Struktur Organisasi dan Pergantian Susunan Dewan Pengurus Badan Musyawarah Betawi Masa Bakti (2018-2023),” ujarnya.

Mubes Bamus Betawi ke – VIII yang dilaksanakan, ada 3 orang kandidat yang mencalonkan  menjadi Ketua Umum Bamus Betawi,  adalah:

1. H. Muhammad Rifki SE. yang akrab dipanggi Bang Ekky Pitung,

2. H. Toto Sudiarto, SH,

3. H. Andi Soleh. Hasil dari proses pemilihan yang berlangsung demokratis, Kandidat nomor urut 1 H. Muhammad Rifki SE. yang akrab dipanggi Bang Ekky Pitung memperoleh lebih dari  50 persen suara dari  ormas Betawi yang hadir.

Dengan perolehan suara yang terbanyak mengalahkan dua kandidat lainnya, H. Muhammad Rifki SE. Sah mendapat amanah menjadi Ketua Umum Bamus Betawi periode 2023 -2028.

“Mubes Bamus Betawi ke – VIII ini diselenggarakan dengan tujuan mempersatukan seluruh ormas betawi agar kembali ke marwahnya, sesuai  tema Mubes Bamus Betawi  kali ini, yakni , ‘Menguatkan Marwah Bamus Betawi Menuju Jakarta Sebagai Kota Global Yang Berbasis Kearifan Lokal’ ujar  H. Muhammad Rifki SE.

Muhammad Rifki SE/ Ekky Pitung kepada awak media mengatakan, sebagai ketua Umum Bamus Betawi yang baru, dirinya akan melaksanakan hal- hal yang penting, diantaranya

1. Merapikan status hukum atas sekelompok orang yang mengaku  Bamus Betawi.

2. Dalam konteks pemilihan umum yang akan hadir Bamus betawi akan mendukung pemilu yang akan di selenggarakan.

3. Mengangkat SDM betawi yang kurang beruntung dan menyentuh langsung ke masyarakat supaya tercipta lapangan kerja,berbasis budaya,supaya tercipta kondusif di masyarakat Betawi.

“Saya berharap kepada seluruh pimpinan ormas betawi untuk tetap berkomitmen dan saling menjaga kerukunan, karena acara Mubes Bamus Betawi VIII tanggal 8 Oktober 2023 sudah sesuai dengan konstitusi dan AD/ART Bamus Betawi,” harapnya.

Ekky Pitung menegaskan, dibawah kepemimpinannya akan berupaya mewujudkan  kemakmuran terutama untuk masyarakat  Betawi  dengan menjadikan SDM yang aktif dan bermanfaat untuk masyarakat.

Seperti diberitakan, Riano P. Ahmad dipercaya kembali menjadi Ketua Umum Badan Musyawarah (Bamus) Betawi setelah terpilih secara aklamasi dalam Musyawarah Besar (Mubes) VIII Bamus Betawi di Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah (TMI), Jakarta Timur pada Rabu (30/8/2023).

Kepengurusan Badan Musyawarah (Bamus) Betawi periode 2023-2028 hasil Musyawarah Besar (Mubes) VIII 2023 Bamus Betawi sudah menerima surat keputusan pengesahan dari Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

Keputusan pengesahan itu tertuang dalam Surat Keputusan Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) RI Nomor: AHU-0001281.AH.01.08.TAHUN 2023 tertanggal 15 September 2023 tentang Persetujuan Perubahan Perkumpulan Badan Musyawarah Betawi.

Dalam surat yang ditandatangani Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum Kemenkumham, Cahyo Rahadian Muzhar itu juga ditetap.(eng)

Leave A Reply

Your email address will not be published.