Empat Calon Bersaing Jadi Direktur RSUD

Ketua Tim Pansel, Drs. H. Hasan Basri MM

SUMBAWA,Harnasnews – Jabatan Direktur RSUD Sumbawa lowong, setelah dr. Dede Hasan Basri dicopot dan ditarik menjadi dokter fungsional. Sementara ini Bupati Sumbawa telah menunjuk Junaidi M.Si., A.Pt sebagai pelaksana tugas (Plt).

Untuk mengisi kekosongan jabatan eselon III tersebut, Pemda Sumbawa tengah melaksanakan seleksi. Ada empat orang yang ‘berlomba’ mengisi jabatan itu.

Yaitu dr. Putu Purnama Suardjaya, dr. Mega Harta MPH, dr. Nieta Ariyani, dan dr. Abadi Abdullah. Senin (6/2/2023), keempat calon ini mengikuti sesi wawancara oleh Tim Pansel yang diketuai Sekda Sumbawa. Wawancara tersebut berlangsung dari pagi hingga sore hari.

Ditemui wartawan Ketua Tim Pansel, Drs. H. Hasan Basri MM mengatakan bahwa sesi wawancara merupakan seleksi terakhir bagi para calon Dirut RSUD Sumbawa. Penempatan Dirut RSUD terbilang tidak biasa.

Sebab lazimnya untuk pejabat eselon III, tidak perlu dilakukan seleksi melalui Pansel, melainkan penunjukan. Namun kali ini dilakukan seleksi.

“Memang tidak biasanya seperti ini. Seleksi ini dilakukan karena belakangan ini RSUD Sumbawa menjadi sorotan dan tuntutan masyarakat agar keberadaan sakit milik daerah ini jauh lebih bagus,” kata Haji Bas, sapaan Ketua Pansel yang juga Sekda Sumbawa ini.

Dalam wawancara, ungkap Haji Bas, para calon memaparkan ide atau gagasannya, serta solusi apa yang ditawarkan untuk mengatasi berbagai persoalan rumah sakit.

“Siapa yang punya ide yang paling ideal yang kita rekomendasikan. Dan Tim Pansel mewawancarai mereka sangat mendalam. Kalau seleksi Kadis mungkin hanya beberapa menit, tapi kalau mereka per orangnya bisa sampai 2 jam. Karena banyak hal yang kita tanyakan,” ujar Haji Bas di ruang kerjanya, yang didampingi sejumlah anggota Pansel di antaranya, Asisten II Lalu Suharmadji ST, Kepala Inspektorat H. Amri S.Sos., M.Si, Kadis Kesehatan, Junaidi M.Si, A.Pt, Kepala BPKAD, Didi Hermansyah SE., M.Si, dan Kepala Bappeda, E.S. Adi Nusantara S.Sos., MT.

Saat ini, lanjutnya, Tim Pansel menggodok hasil wawancara dan pemaparan makalah para calon. Selasa (7/2), keempat nama calon beserta kriteria dan penilaiannya, disodorkan kepada Bupati Sumbawa untuk dipilih satu orang yang akan ditetapkan sebagai Direktur RSUD Sumbawa.

“Besok disodorkan nama-nama mereka ke Bapak Bupati, lalu akan ditentukan kapan Dirut terpilih akan dilantik,” pungkasnya.(HR)

Leave A Reply

Your email address will not be published.