Endang Susilawati : Terima Kasih Rumah Zakat

Sumbawa Besar,Harnasnews.Com – Pelan namun pasti, Program Desa Berdaya Rumah Zakat mulai menampakkan hasil. Hal ini terlihat jelas pada keluarga Penerima Manfaat dari program ini. Salah satunya adalah Endang Susilawati (37), yang merupakan PM sejak September tahun lalu.

Endang, begitu ibu satu anak ini biasa disapa mengakui, sebelum menjadi member Rumah Zakat dirinya hanya berjualan pisang goreng keliling kampung dan honorer di salah satu Sekolah Dasar. Suaminya tidak punya pekerjaan tetap. Tapi kini, selain jualan pisang goreng, dirinya sudah berhasil membuka lapak di jalan by pass Desa Jorok Kec. Unter Iwes. Semua ini berkat bantuan awal dari Rumah Zakat.

Atas nama keluarga, saya menyampaikan terima kasih kepada Rumah Zakat atas bantuan dan suportnya. Ada hal yang sangat berbeda yang saya rasakan dari bantuan Rumah Zakat ini. Yaitu, dana yang kami terima sama sekali tidak ada pengembalian. Selain itu kami juga mendapat pendampingan dan pembinaan secara langsung serta selalu mendapatkan motivasi untuk terus berproses menjadi lebih baik dari Relawan Inspirasi Rumah Zakat, pungkas Endang.

Fasilitator Desa Berdaya, Repi S, yang juga adalah Relawan Inspirasi Rumah Zakat menyampaikan, ada 4 (empat) PM yang menjadi prioritas penumbuhan dan pengembangan tahun ini, salah satunya adalah Mbak Endang. Dari 4 PM yang ada, masing-masing mempunyai produk unggulan atau usaha yang berbeda. Tentu kita berharap, semua usaha dari PM dapat tumbuh dan berkembang. Sehingga misi dari gerakan ini yaitu menghasilkan keluarga yang mandiri secara ekonomi dapat tercapai. Lebih jauh tentu kita mengharapkan, para mustahik hari ini berubah menjadi muzakki 3 tahun yang akan datang.

Dalam upaya menumbuhkan usaha ke-empat PM prioritas tahun ini, mereka akan mendapatkan tambahan modal secara berkala (pertiga bulan). Khusus bulan ini, yang mendapat tambahan modal sebanya 2 PM, salah satunya adalah Mbak Endang yang diserahkan pada hari ini Sabtu (24/3). Kita harapkan dengan adanya penambahan modal, maka setiap PM dapat menambah skala usahanya dari waktu ke waktu. Selain itu, kami juga akan fasilitasi agar terkoneksi dengan para pelaku usaha, baik swasta maupun lembaga-lembaga pemerintah atau Dinas-Dinas terkait.

Repi, sapaan akrab dari seorang pemberdaya ini menambahkan, selain penumbuhan dan penguatan usaha 4 PM prioritas, tahun ini kami juga akan mencari calon PM atau member baru sehingga semakin banyak yang dapat merasakan manfaat dari Program Desa Berdaya.(Herman)

Leave A Reply

Your email address will not be published.