Festival ISI PIRINGKU, Merupakan Upaya AQUA Keboncandi Untuk Cegah Stunting

NASIONAL

 

PASURUAN, Harnasnews.com – Penyebab utama masalah gizi di Indonesia adalah konsumsi pangan di berbagai rentang usia yang masih belum memenuhi gizi seimbang, khususnya pada usia pertumbuhan yang dianggap sangat krusial untuk menciptakan generasi emas Indonesia.

Stunting atau perawakan pendek adalah salah satu gangguan pertumbuhan yang sering terjadi pada anak, salah satunya di Indonesia, dan Stunting dapat dicegah sebelum anak memasuki usia 2 tahun.

Melihat pentingnya isu ini, Danone Indonesia menyusun dan memproduksi buku edukasi “ISI PIRINGKU” yang merupakan pedoman edukasi makan dan minum sekali saji untuk anak usia 4-6 tahun.

Hal ini dilanjutkan dengan kemitraan AQUA Keboncandi bersama dengan LPTP, dinas Kesehatan Kabupaten, Bapeda, Puskesmas Gondangwetan, dan Puskesmas Winongan yang melaksanakan edukasi gizi “ISI PIRINGKU” di wilayah Kecamatan Gondangwetan dan 5 desa yang ada di Kecamatan Winongan, Kabupaten Pasuruan.

Kegiatan ISI PIRINGKU merupakan program pencegahan stunting di Kabupaten Pasuruan yang dilaksanakan di Pendopo Kecamatan Gondangwetan, pada hari Rabu (01/12/2021).

Dalam acara itu dihadiri oleh Wakil Ketua PKK Kabupaten Pasuruan, Hj. Nanik Asnawati, Dinas Kesehatan Kabupaten Pasuruan, Bapeda, Muspika Kecamatan Gondangwetan, Kepala Puskesmas Gondangwetan & Winongan.

Saat ditemui, Hj Nanik Asnawati (Ibu Wakil Bupati Kabupaten Pasuruan) mengatakan Stunting dapat terjadi sejak bayi dalam kandungan atau masa awal setelah bayi lahir dan baru tampak setelah bayi berumur 2 tahun. Stunting di awal kehidupan akan berdampak buruk terhadap kesehatan, kognitif, dan fungsional ketika dewasa.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat, serta bertujuan meningkatkan kesadaran publik sebagai gerakan bersama untuk mencegah stunting, sekaligus mempromosikan edukasi dan praktik-praktik baik tentang isi piringku sebagai upaya pemenuhan gizi yang baik,” tutur Hj Nanik Asnawati.

Masih ditempat yang sama, Kepala Pabrik PT. Tirta Investama (AQUA Keboncandi) M.Fahroni, mengatakan bahwa pergelaran festival ISI PIRINGKU sebagai bentuk komitmen untuk mendukung percepatan penanggulangan stunting dan sejalan dengan misi Danone, yaitu membawa kesehatan ke sebanyak mungkin orang.

“Visi kami yakni One Planet One Health, tentunya agar visi dan misi kami ini bisa terwujud, selain memproduksi produk yang sehat, kami juga berkomitmen untuk membangun pengetahuan yang mendalam tentang budaya dan kebiasaan makan minum yang baik dan sehat melalui kerjasama multipihak,” jelas M. Fahroni.

Camat Gondangwetan Hari Hijroh S, menyampaikan penanggulangan stunting dan percepatan perbaikan gizi tersebut tidak dapat dilakukan sendiri oleh pemerintah, melainkan perlu adanya kolaborasi dengan lintas-sektor, salah satunya dengan sektor swasta.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada AQUA Keboncandi yang telah berkomitmen secara berkelanjutan untuk berkolaborasi dalam kegiatan ini, dan diharapkan sektor swasta lainnya dapat melakukan sinergi yang sama,” pungkas Hari Hijroh S.(Hid)

Leave A Reply

Your email address will not be published.