Gedung SDN Nijang Tuntas

SUMBAWA, Harnasnews – Akhirnya, proyek pembangunan dan pembenahan fisik sejumlah sarana prasarana sekolah khususnya pembangunan Sekolah Dasar Negeri (SDN), Nijang Kecamatan Unter Iwes Kabupaten Sumbawa sekitar Rp 4 miliar tuntas dikerjakan. meski dalam pengerjaannya mengalami keterlambatan waktu dari waktu yang telah ditentukan.

Pembangunan SDN Nijang menelan anggaran mencapai sekitar Rp 4 Milyar yang bersumber dari APBD Kabupaten Sumbawa.

Dimana SDN Nijang dibangung dua lantai. Terdiri dari 12 ruangan meliputi ruang belajar hingga ruang guru. Ditambah lagi dengan 4 kamar mandi.

Kepala Dikbud Kabupaten Sumbawa Melalui Pejabat Pembuat Kebijakan (PPK), Buawana Bayu Aji, menjelaskan bahwa pada tanggal 28 Januari 2024 pembangunan SD Nijang telah tuntas dikerjakan.

Dikatakan Bayu akrab ia disapa, sesuai aturan bilamana pekerjaan telat maka tetap pihak kontraktor didenda. Tetapi, bukan di kesalahan pihak ketiga. Pasalnya, pembangunan SD Nijang ini punya kendala karena tiang listriknya berada ditengah sehingga awal berkontrak pada 1 Agustus 2023 lalu. Kemudian barulah melakukan pencopotan tiang listrik dengan bersurat ke PLN namun ditanggapi pada 1 September.

“Nah, hampir satu bulan molor waktunya dari kontrak sembari menunggu dipindahkan tiang listrik milik PLN dan lokasinya juga sempit karena mobilisasi alat berat cukup terkendala,” cetus Bayu.

Oleh karena itu, patutlah dikasih perpanjangan  waktu sebab hilangnya waktu selama 1 bulan. Kenapa meski dilakukan pencabutan tiang listriknya karena berbahaya selama proses pembangunan SD Nijang tersebut.

“Allhamdulillah, sesuai dengan planningan serta dikasih waktu perpanjangan. Akhirnya clear dan tuntas pembangunannya,” tandasnya

Seperti diketahui, tahun 2023 lalu pemda sumbawa telah mengalokaso anggaran lewat APBD, Pokir Dewan mencapai sekitar Rp 16,8 Milyar. Dimana anggaran itu diperuntukkan pembangunan dan pembenahan fisik sekolah (SD/SMP), pembangunan dan pembenahan fisik sejumlah sarana dan prasarana sekolah yang ada yakni SD sekitar Rp 14,586 dan SMP sekitar Rp 2,266 Milyar termasuk didalamnya SDN Nijang. (Hermansyah)

Leave A Reply

Your email address will not be published.