iklan iklan

Geledah Tempat Kerja Azis Syamsuddin, Kinerja KPK Diapresiasi

JAKARTA , Harnasnews.com – Pengamat politik Universitas Djuanda, Gotfridus Goris Seran mengapresiasi kinerja Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam mengungkap dugaan keterlibatan Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin dalam kasus suap Wali Kota Tanjungbalai yang menyeret salah satu penyidik lembaga anti rasuah tersebut.

Menurut Goris, pengungkapan kasus suap Wali Kota Tanjungbalai diharapkan sebagai pintu masuk KPK dalam memeriksa Azis Syamsuddin atas dugaan keterlbatannya dalam kasu-kasus lain yang selama ini telah santer diberitakan di sejumlah media.

“Karena, bila manuver Azis tidak segera dihentikan, selain mencoreng lembaga negara, terkait posisi dia (Azis) saat ini menjadi Wakil Ketua DPR, tindakan Azis juga akan merusak sistem penegakkan hukum yang ada di Indonesia,” ujar Goris kepada wartawan di Jakarta, (29/4/2021).

Untuk itu, kata Goris, guna mempermudah proses penegakkan hukum di KPK, dirinya mendorong agar Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) untuk memproses aduan masyarakat terkait dugaan tindakan indisiplinernya dan mencopot Azis Syamsuddin sebagai Wakil Ketua DPR RI.

“Terlebih, dengan adanya kegiatan penggeledahan oleh KPK di empat tempat yang berbeda dalam rangka pengembangan kasus suap yang diduga menyeret nama Azis Syamsuddin, tentunya pihak penyidik telah memiliki alat bukti yang kuat untuk menjerat politisi Golkar tersebut jadi tersangka,” tadas Goris.

Namun demikian, dirinya mengajak masyarakat untuk tetap mengedepankan asas praduga tak bersalah. “Kita tunggu keterangan dari Azis sendiri. Meski berdasarkan informasi yang berkembang hingga saat ini Azis belum juga memberikan keterangan resminya terkait dengan kasus yang tengah menjeratnya,” ucap Goris. (Red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.