Ground Breaking Pembangunan Pelabuhan Teluk Santong, Bupati Sumbawa Dampingi Gubernur NTB 

SUMBAWA, Harnasnews – Bupati Sumbawa Mahmud Abdullah mendampingi Gubernur NTB  Zulkieflimansyah dan Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Aji dalam melakukan Ground Breaking  pembangunan pelabuhan Teluk Santong. 

Bupati Sumbawa Mahmud Abdullah dalam sambutannya mengatakan bahwa usulan pembangunan Pelabuhan Teluk Santong tersebut dilakukan sejak 2018 lalu. 

“Usulannya sudah lama yakni 2018 lalu,” ungkap Mo sapaan akrab Bupati Sumbawa. (11/1). 

Menurutnya, saat ini produksi hasil jagung dari Kabupaten Sumbawa cukup besar. 

“Produksi jagung dari Kabupaten Sumbawa ini yang terbesar di NTB. Oleh karenanya kami mendorong untuk pembangunan Pelabuhan Teluk Santong tersebut, ” Imbuhnya. 

Ditempat yang sama Gubernur NTB Dr. Zulkieflimansyah pembangunan Pelabuhan Pelabuhan Teluk Santong ini diinisiasi sejak lama. 

“Usulannya sudah lama yakni sejak 2018 lalu. Oleh karena itu mari kita mulai. Kalau kita mulai dari sekarang kapan lagi, ” Ujar Bang Zul sapaan akrab orang nomor satu di NTB. 

Selain itu juga Bang Zul juga berharap agar pembangunan  Pelabuhan Teluk Santong tersebut tidak terlalu lama. 

“Kalau bisa 10  bulan atau 12  bulan,” jelasnya.

Sementara itu Kepala Badan Ketahanan Pangan Nasional Arief Prasetyo Aji mengemukakan bahwa pembangunan Pelabuhan Teluk Santong akan sangat cepat. 

“Kalau bisa dimulai sekarang maka bisa tuntas 10 atau 12 bulan kedepan,” ujarnya. 

Seain itu juga Arif menyebutkan bahwa cita – cita pangan nasional itu adalah menjaga harga di tingkat petani, peternak serta menjaga inflasi dari hulu hingga hilir. 

“Kedepan kami akan memastikan harga jagung tidak turun. Dan  kapal yang nyandar nanti itu berkapasitas 30 ribu ton,” sebutnya. 

Hal senada juga Yanuar pelaksana pembangunan Pelabuhan Teluk Santong menjelaskan bahwa dirinya siap untuk melakukan investasi. Mengingat Kabupaten Sumbawa banyak potensi. 

“Sumbawa ini banyak potensi. Jika jagung Sumbawa saat ini 1,5 juta ton dengan adanya Pelabuhan Teluk Santong nantinya bisa 2 sampai 3 juta ton,” singkatnya.

Sebagai informasi bahwa anggaran pembangunan Pelabuhan Teluk Santong senilai Rp 2 Triliun. Dan pembangunan Pelabuhan Teluk Santong tersebut berlokasi di Desa Teluk Santong Kecamatan Plampang Kabupaten Sumbawa-NTB.(HR)

Leave A Reply

Your email address will not be published.