Gunung Agung Masih Berstatus Siaga

JAKARTA, Harnasnews.com – Petugas Pos Pengamatan Gunungapi Gunung Agung di Rendang, Karangasem, Bali melaporkan telah mendengar suara gemuruh lemah disertai erupsi Gunung Agung. Suara gemuruh dilaporkan terjadi Kamis (11/4), pukul 18.47 WITA.

Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah barat dengan ketinggian lebih kurang 2.000 meter di atas puncak atau sekitar 5.142 meter dari permukaan laut.

Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Kasbani, mengatakan erupsi tersebut terekam di seismogram. “Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 25 mm dengan durasi sekitar 2 menit 8 detik,” kata Kasbani dalam keterangan resmi, Jumat (12/4) pagi.

Hingga saat ini, aktivitas Gunung Agung masih berada pada status siaga atau Level III. PVMBG juga telah menetapkan Zona Perkiraan Bahaya pada radius empat kilometer dari kawah puncak Gunung Agung. Pihaknya mengimbau kepada masyarskat untuk tidak melakukan aktivitas di dalam radius tersebut.

Leave A Reply

Your email address will not be published.