Hadapi Perubahan Iklim Beberapa Instansi Terintegrasi Dalam Proglim

SUMBAWA,Harnasnews.com – Hadapi perubahan Iklim beberapa Instansi terintegrasi dalam program kampung iklim (Proglim), yakni masing-masing, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Dinas Kesehatan (Dikes), Dinas Peternakan (Disnak) Dinas Perumahan dan kesehatan lingkungan (DPRKP) Dinas Pertanian (Dispertan) dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD). dimikian diungkapkan Kadis Lingkungan Hidup (DLH) kabupaten Sumbawa melalui Kasih Lingkungan Hidup Aryan Perdana Putra, S,Si diruang kerjanya, Rabu, (02/10)

Dijelaskannya dalam program tersebut DLH menjadi koordinator pelaksana. Dimana dalam pelaksanaannya anggaran berada pada leading sektor terkait dan peran DLH mendorong pada tiap dinas tekhnis agar memasukkan anggaran proglim sesuai dengan semangat SK Bupati

Menurut Aryan akrab ia disapa, program tersebut adalah sebagai upaya identifikasi kebiasaan swadaya masyarakat yang selama ini telah dilakukan secara tradisional dan tidak sadar untuk dilakukan pelembagaan berikut memberikan akses antar leding sektor terkait yang tergabung dalam proglim. ” Intinya proglim ini adalah mengidentifikasi swadaya masyarakat terhadap perubahan iklim pada semua sektor yang saat ini menjadi isu global,” ujar Aryan.

Dia mencontohkan peran Dinas misalnya PRKP nantinya akan membuat sanitasi lomba rumah tangga (Ipal) dengan membentuk kelompok swadaya masyarakat (KSM) – Dikes akan membetuk KSM untuk menangani urusan Kesehatan demikian selanjutnya dengan dinas instansi lain akan bekerja membetuk KSM serta mendampingi masyarakat sesuai tugas dan fungsi (Tupoksi) yang selanjutnya KSM tersey akan di SK-kan oleh Kepala Desa.

Diketahui, sambung Aryan, proglim ini sedang berjalan tahun ke tiga dilaksanakan di Desa Mama Kecamatan Lopok sedangkan pada tahun 2018 lalu di Desa Juru Mapin Kecamatan Alas.

” Alhamdulillah Desa Juru Mapin bahkan mendapat reward dari pemerintah pusat setelah dilakukan penilaian tingkat Propinsi NTB masuk dalam katagori madya, sebut Aryan.

Dia berharap pada desa yang mendapatkan kesempatan program ini bisa memanfaatkan dengan berpartisipasi aktif untuk mensukseskannya.tutup (Wan)

Leave A Reply

Your email address will not be published.