Hadiri Dies Natalis Unesa, LaNyalla Pesan Lima Hal untuk Cetak SDM Unggul

SURABAYA,Harnasnews.com – Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti menegaskan, ada lima hal penting yang harus dimiliki Universitas Negeri Surabaya (Unesa) agar Perguruan Tinggi tersebut mampu mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) unggul dan berdaya saing.

Hal itu disampaikan LaNyalla saat memberi orasi ilmiah dengan tema; “Unesa Satu Langkah di Depan, untuk Indonesia Maju”, yang dirangkai dengan agenda Rapat Terbuka Senat dalam rangka Pengukuhan Profesor dan Guru Besar Universitas Negeri Surabaya, Senin (21/12/2020) pagi.

“Untuk mencapai hal itu, Unesa harus mampu unggul di 5 hal penting. Pertama, unggul dalam proses pelaksanaan pendidikan. Kedua, unggul dalam penelitian dan pengabdian. Ketiga, unggul dalam lulusan yang berdaya saing. Keempat, unggul dalam bidang keilmuan, dan yang kelima, unggul dalam persaingan global,” tegas LaNyalla.

Dalam kesempatan tersebut, LaNyalla juga mendapat penghargaan Widya Wiyata Dharma Samya yang diberikan langsung oleh Rektor Unesa Prof. Dr. Nurhasan. Penghargaan ini diberikan kepada pendidik atau lembaga yang dianggap bijaksana dan berjasa pada sesama di bidang pendidikan.

Penghargaan yang sama juga diberikan Unesa kepada Bupati Magetan Suprawoto, Bupati Pamekasan Badrut Tamam, Walikota Madiun Maidi, Ketua BNSP Pusat Kunjung Masehat, Pengasuh pondok pesantren Amanatul Ummah KH Asep Saifuddin Halim, Rektor UINSA, Prof. Abdul A’la, Pengasuh Ponpes Bumi Shalawat Lebo Sidoarjo, KH Ali Mashuri, Pengasuh Ponpes Mambaul Ma’arif Denanyar Jombang KH Abdus Salam Shohib, Direktur Badan Pengelola Sekolah Labschool Unesa Prof. Maria Veronika Roesminingsih.

Lebih lanjut senator asal Jatim itu mengatakan, SDM unggul menjadi keniscayaan untuk mencapai Indonesia Maju. Dan SDM unggul hanya bisa dihasilkan melalui mutu Lembaga Pendidikan yang juga unggul. “Karena itu, sudah tepat bila Unesa bertekad untuk satu langkah di depan,” tegasnya.

LaNyalla menegaskan, persaingan dunia yang semakin ketat dan dis-rupsi di pelbagai bidang, membutuhkan kualitas SDM yang tepat. Untuk itulah SDM yang berbudi pekerti luhur dan berkarakter kuat sangat dibutuhkan.

Selain itu, SDM yang menguasai keterampilan dan menguasai ilmu pengetahuan masa kini dan masa depan juga menjadi poin penting yang harus dimiliki. Karena itu, pendidikan harus berakar pada budaya bangsa dalam memperjuangkan kepentingan nasional dan tanggap terhadap perubahan dunia.

Leave A Reply

Your email address will not be published.