Polrestabes Surabaya Gelar Apel Pasukan Ops Lilin Semeru 2020

SURABAYA,Harnasnews.com – Upacara gelar pasukan  pengamanan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 Polrestabes Surabaya menggelar  persiapan Pasukan  Operasi Lilin Semeru 2020 dilapangan Mapolrestabes Surabaya Jln Sikatan Surabaya Senin,(21/12/2020).

Kapolrestabes Kombes Pol Jhonny Edison Isir, selaku inpektur upacara menyampaikan 7 poin penekanan Kapolri dalam Sambutan Apel Gelar Operasi Lilin Tahun 2020 di Lapangan Apel Polrestabes Surabaya.

Gelar  pelaksanaan apel gelar pasukan Operasi Lilin Semeru 2020 dalam rangka pengamanan Natal 2020 dan tahun baru 2021 di Kabupaten Sumenep yang dilaksanakan pada hari ini Senin 21 Desember 2020 di Lapangan Apel Polrestabes Surabaya.

Adapun 7 poin tersebut pertama,siapkan mental dan fisik serta jaga kesehatan, niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah kepada Tuhan YME.

Kedua, Lakukan deteksi dini dengan memetakan dinamika dan fenomena yang berkembang sebagai langkah antisipasi sedini mungkin untuk mencegah aksi yang meresahkan masyarakat.

Ketiga, Tingkatkan kepekaan, kewaspadaan dan keseiapsiagaan dalam melaksanakan pengamanan dan antisipasi terhadap kemungkinan terjadinya aksi teror dan kriminalitas yang memanfaatkan momentum Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

Keempat, Laksanakan pengamanan secara Profesional dan humanis, berikan pelayanan terbaik, lengkapi sarpras dan perlengkapan perorangan yang memadai, serta lakukan penugasan anggota dengan buddy system.

Kelima, Laksanakan penegakan hukum secara profesional dan proporsional serta bertindaklah secara tegas namun humanis terhadap setiap pelanggaran hukum yang berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas.

Keenam, Mantapkan kerjasama, sinergi dan soliditas para pihak yang terlibat demi keberhasilan pelaksanaan operasi.

Ketujuh, Tetaplah menjadi teladan bagi keluarga, rekan dan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan mencegah penyebaran covid-19 yaitu mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak serta menerapkan pola hidup sehat dan bersih

Sementara itu Wakapolrestabes Surabaya AKBP Hartoyo menambahkan, hadapun Pos Operasi Lilin Semeru 2020 dari personil Polri 455, ditambah dari instansi samping seperti TNI, Dishub, Satpol PP, Linmas dan potensi masyarakat yang ada, Pokam dan Banser.

“Ini dalam rangka untuk menciptakan situasi dan kondisi natal, tahun baru yang aman, tertib, damai dan sehat. Karena kita dalam bingkai Pandemi Covid,” ungkapnya.

Kemudian ada pos pantau yang sifatnya tidak tetap, petugas akan melakukan penjagaan mulai jam 08:00 sampai pukul 18 00 Wib Tapi kalau untuk Pos Pengamanan selama 24 jam.

Tapi selama gelaran Operasi Lilin Semeru pada tahun ini , petugas tidak akan melakukan sweeping baik dipusat perbelanjaan maupun kepada masyarakat.

“Kami Polri dan TNI serta instansi terkait memastikan saudara- saudara kita yang akan merayakan Natal dapat melaksanakan ibadah dengan hikmat aman, kondusif dan tetap mengikuti Protokol kesehatan,”pungkasnya.(Pril/Red) 

Leave A Reply

Your email address will not be published.