Kapolres Gresik Hadiri Rapat Koordinasi Dengan Forkopimda Gresik Jelang Nataru 2020

Gresik, Harnasnews.com – Dalam rangka penanganan Covid-19, dan persiapan Libur Natal dan Tahun Baru 2021 di wilayah Kab. Gresik.

Forkopimda menggelar rapat koordinasi dengan pejabat pemerintah kab. Gresik, di ruang rapat Mandala Bhakti Praja Lt.IV Pemkab Gresik, pada hari Senin (21 Desember 2020), sekitar pukul 09.30 Wib.

Turut hadir dalam rapat koordinasi antara lain, Bupati Gresik Dr. Ir. H. Sambari Halim Radianto, ST., MSi. Wakil Bupati Gresik Dr. H. Moh. Qosim, M.Si. Kapolres Gresik AKBP Arief Fitrianto, S.H., S.I.K., M.M. Dandim 0817 Gresik Letkol Inf Taufik Ismail, S. Sos. M. I. Pol. Ketua Pengadilan Negeri Gresik Fransiskus Arkadeus Ruwe, SH., MH. Ketua DPRD Kab. Gresik M. Abdul Qodir. Asisten III Pemkab. Gresik Tursilowanto Hariogi, ST. MSi. Kepala OPD jajaran Pemkab. Gresik. Para Camat se-Kab. Gresik.

Adapun susunan acara dimulai pelaksanaan pembukaan yang diteruskan dengan, Arahan Bupati Gresik Dr. Ir. H. Sambari Halim Radianto, ST., MSi., yang menyampaikan, Tentang data tersebut hanya sebagai acuan, namun diharapkan warga masyarakat dan instansi yang berkompeten jangan terlena dengan data.

Masih kata Sambari, Tren perkembangan Covid 19 di Kab. Gresik mengalami penambahan mencapai angka 7 sd 12, dan diharapkan jangan sampai ada angka diatas 8 di Kab. Gresik serta sektor penyembuhan agar benar benar ditingkatkan.

“Saat ini Pemkab. Gresik berencana membuat gerakan memakai masker dengan cara membagi masker ke masing masing kecamatan sebanyak 20 ribu masker dan handsanitizer untuk dibagikan ke desa-desa,“ ucapnya.

Selain itu, Sambari juga menegaskan, Khusus malam tahun baru wajib tidak ada kegiatan (nyepi) untuk di daerah merah.“Dan bagi pengunjung hotel harus membawa surat keterangan sehat dari rumah sakit,“ sambungnya.

Kemudian, dilanjutkan Arahan Wabup Gresik Dr. H. Moh. Qosim, M.Si yang intinya mengatakan, Bagi tempat wisata harus dipersiapkan sarana sesuai protokol kesehatan jelang Natal dan Tahun Baru.

Qosim juga menjabarkan, Dalam melakukan pencegahan Covid 19 yang pertama adalah menjaga imunitas yang bisa dilakukan dengan cara : (a). Protokoler doa (Rodhibul Hadab dan Li Khomsatun). (b). Rajin berolahraga. (c). Protokoler Sedekah.

Dilanjukan, Arahan ketua DPRD Kab. Gresik M. Abdul Qodir yang menjelaskan, Saat ini PSBB sudah diganti pengetatan protokol kesehatan sehingga harus kita persiapkan menjelang natal dan tahun baru untuk giat peeayaan ibadah Natal dan wisata serta hajatan.

“Untuk itu, DPRD sepakat dengan rencana pembagian masker harus segera direalisasi oleh pemkab. Gresik sebagai upaya pemerintah untuk mengingatkan warga masyarakat,“ ujarnya.

Selanjutnya, Arahan ketua Pengadilan Negeri Gresik Fransiskus Arkadeus Ruwe, SH., MH yang mengharapkan, Kesadaran pribadi serta merubah perilaku masyarakat melalui sistem dengan penegakan protokol kesehatan dengan instrumen penegakan hukum dengan melibatkan TNI – Polri dan Sat Pol PP sangat penting dilakukan.

Menurut Fransiskus, akhir-akhir ini banyak masyarakat yang lupa untuk menjalankan 4 M seperti (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak menghindari kerumunan) sehingga harus ditingkatkan sosialisasi.

Pada kesempatan, Kapolres Gresik AKBP Arief Fitrianto, S.H., S.I.K., M.M juga memberi arahan yang intinya menuturkan, tentang Covid 19, agar kita tekadkan bersama untuk Kab. Gresik tidak mengalami kemunduran menjadi zona merah. Untuk itu, mulai dini hari kita akan berupaya melakukan pencegahan dan penanganan Covid 19 di Kab. Gresik
.
“Perlu diketahui, saat ini Polri sedang melaksanakan OPS Yustisi secara serentak, dengan harapan dapat dukungan moril dan materiil dari Bupati dan Pemkab. Gresik,“ tandas Arief.

Arief juga mengemukakan, Pelaksanaan OPS Yustisi, sesuai Perbup 22 tahun 2020 dimana terdapat sanksi denda dan tipiring, sehingga masyarakat semakin peduli dan terbukti mengalami penurunan dalam penyebaran Covid 19.

“Hal ini juga sesuai peraturan dari Kemenag bahwa ketentuan ibadah natal di gereja hanya 25% jemaat,“ tukasnya.

Seperti even di malam tahun baru, Kapolres Gresik meminta, agar ditetapkan ketentuan sebagai dasar dalam menjalankan tugas dilapangan.

Diteruskan, Arahan Dandim 0817 Letkol Inf Taufik Ismail, S. Sos. M. I. Pol,
yang intinya menyampaikan, Ucapan terima kasih kepada camat yang telah bekerjasama dengan danramil dalam menekan penyebaran Covid 19.

Taufik juga menerangkan, TNI tetap melaksanakan tugas dlam menekan perkembangan Covid 19 dan akan menambah pers di tempat tempat wisata jelang Natal dan Tahun Baru.

Terkait libur panjang mulai hari ini sampai tanggal 7 Januari, Taufik menghimbau, agar kita memantau orang yang datang maupun keluar daerah. Dengan harapan, antisipasi dini dapat meminimalisir penyebaran Covid 19 di wilayah Kab. Gresik.

Dilanjutkan, Sambutan Kadinkes Kab. Gresik yang mengatakan, Saat ini Dinkes sebagai leading sektor penanganan Covid 19 sudah berusaha semaksimal mungkin agar zona di Kab. Gresik tidak mundur menjadi zona merah.

Dijelaskan, Peningkatan pasien di RS saat ini luar biasa dan dilaporkan untuk Kab. Gresik masih mampu untuk menampung pasien Covid 19.

Ditambahkannya, sekitar pukul 10.45 Wib, rapat koordinasi Forkopimda Kab. Gresik selesai dilaksanakan dalam keadaan tertib dan kondusif. (Hum/Kri/Red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.