Hari Ini Sumbawa Ekspor Jagung Perdana Tiga Puluh RibuTon Ke Filipina

SUMBAWA,Harnasnews.Com – Kabupaten Sumbawa sebagai penghasil jagung di Nusa Tenggara Barat (NTB), hari ini akan melakukan ekspor perdana ke Negara Filipina. Hal tersebut dikatakan oleh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sumbawa Tarunawan. Kepala Dinas Pertanian Sumbawa mengatakan bahwa besok (hari ini red) Kabupaten Sumbawa akan melakukan pengiriman jagung perdana ke Filipina.

“Besok kita (Kabupaten Sumbawa Red) akan melakukan pengiriman jagung perdana ke Negara Filipina,”ungkap Tarunawan kepada wartawan media ini disela-sela kesibukannya di labuhan Badas (19/3/2018),kemarin.

Lanjut Tarunawan Unuk pengiriman jagung perdana dari Sumbawa ke Filipina besok (hari ini red) akan dilakukan oleh Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementan RI Agung Hendriadi.

Ditambahkan Kadis Pertanian selain Kepala BKP ikut juga didampingi oleh Gubernur NTB Dr. Zainul Majdi Kepala Dinas Pertanian Provinsi NTB serta Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa,‎Kapolres Sumbawa, Dandim 0617 Sumbawa serta pejabat lainnya yang ikut menyaksikan pelepasan pengiriman jagung ke Filipina,”papar Tarunawan.

Sambung Tarunawan ‎jumlah jagung perdana yang akan diekspor besok (hari ini) adalah 30.000 ton.

Kepala Dinas Pertanian Sumbawa Sumbawa Tarunawan

“Ada 30.000 ton jagung dari Sumbawa yang akan diekspor hari ini langsung ke Filipina,”katanya.‎

Sementara itu Sekretaris Gempita Sumbawa Hermansyah Mendukung langkah dan Kebijakan Menteri Pertanian serta Kepala Dinas Pertanian‎ Sumbawa Bagi Hermansyah ini merupakan langkah maju bagi pemerintah. Karena mampu melakukan ekspor ke beberapa negara.

“Ini wajib kita dukung bersama. Dan ini yang pertama kalinya Sumbawa melakukan ekspor jagung ke Filipina langsung dari pelabuhan Badas,”paparnya.

Lanjut Herman Sumbawa saat ini merupakan penghasil jagung terbesar  di NTB. Jadi tidak salah ke Kementerian Pertanian RI memilih Sumbawa sebagai tempat pengiriman jagung ke Filipina,”tutupnya.

Berdasarkan pantauan wartawan dipelabuhan Badas tempat akan berlangsung acara pengiriman langsung perdana jagung Sumbawa ke Filipina  beberapa puluhan truk keluar masuk ke pelabuhan untuk mengantarkan jagung yang akan diekspor.

Seperti diketahui saat ini Menteri Pertanian RI Andi Amran Sulaiman gencar melakukan ekspor jagung  ke Filipina. Bahkan baru-baru ini Menteri Pertanian melakukan pengiriman jagung ke Filipna dari Sulaiwesi. ‎(Herman).

Leave A Reply

Your email address will not be published.