Hasil Rapid Tes 12 Dari 34 Jamaah Klaster Goa Menunjukkan Reaktif

Covid-19

SUMBAWA,Harnasnews.com – Sebanyak 34 orang jamaah tablig asal Kabupaten Sumbawa yang sempat mengikuti kegiatan tablig akbar di Goa Sulawesi Selatan beberapa waktu lalu yang sebagiannya sempat tidak diketahui keberadaannya oleh Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumbawa kini telah berhasil ditemukan semuanya.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumbawa Drs H Didi Darsani, A.Pt,. dalam keterangan persnya, Kamis (16/04/2020) mengatakan bahwa, sebanyak 34 orang telah jamaah tablig yang sempat mengikuti kegiatan di Goa telah dilakukan Rapid Tes dan hasilnya sebanyak 12 orang Reaktif terhadap Reagen Rapid Tes.

“Dari hasil Rapid Tes ini bukan berarti ke 12 jamaah tersebut positif Covid-19, jadi untuk memastikan harus dilakukan pemeriksaan dengan metode PCR oleh Rumah Sakit Manambai Abdulkadir dengan cara mengambil sampel Swab tenggorokan untuk diperiksa di Laboratorium Mataram,” terang Haji Didi (Sapaan akrab Kadis Dikes Sumbawa ini).

Lanjut Haji Didi, di Sumbawa saat ini ada 386 Orang Dalam Pengawasan dan sebanyak 315 orang telah selesai dipantau, sisa 71 orang yang masih melakukan karantina mandiri selama 14 hari yang tetap dalam pantauan petugas.

Sedangkan total Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 21 orang, 6 (enam) orang telah sembuh dan telah dipulangkan, sementara 15 orang masih dalam Observasi RSMA.

Selanjutnya, orang yang masuk dalam kategori Orang Tanpa Gejala (OTG) yang memiliki hubungan kontak secara langsung dengan orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 ada sebanyak 139 orang.

Sementara data yang tercatat untuk Pelaku Perjalanan Tanpa Gejala (PPTG) ada sebanyak 6.165 orang yang semuanya telah diwajibkan untuk melakukan karantina secara mandiri di rumah masing-masing dan yang telah selesai melakukan karantina mandiri sebanyak 4.111 orang, sisa 2.054 orang yang masih melakukan karantina mandiri, tutup Haji Didi. (Ril)

Leave A Reply

Your email address will not be published.