PADANG, Harnasnews – Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristianto menyatakan sosok pendamping calon presiden (capres) dari PDI Perjuangan Ganjar Pranowo harus mendapatkan dukungan terbesar dari rakyat Indonesia.

“Tentunya kami melihat mencari aspek-aspek elektoral, sehingga satu perpaduan di kepemimpinan pak Ganjar dengan wakil yang akan mendampingi nanti dipastikan mendapatkan dukungan terbesar dari rakyat Indonesia, sehingga dapat memenangkan pemilu,” kata Hasto usai Rapat Kerja Daerah (Rakerda) PDI Perjuangan Sumbar di Padang, Selasa.

Ia mengatakan sosok calon wakil presiden (cawapres) yang mendampingi Ganjar Pranowo tentunya harus menjadi pelengkap dari aspek kepemimpinan yang dimiliki capres PDI Perjuangan itu.

Menurut dia, PDI Perjuangan meneladani sosok kepemimpinan seperti Bung Karno dan Bung Hatta.

Hasto menilai sosok capres Ganjar Pranowo karena memiliki pengalaman dua periode menjadi legislatif, dua periode sebagai gubernur, sehingga tentu memiliki pengalaman pemerintahan sangat luas.

“Kita juga memahami kepemimpinan Indonesia di dunia internasional. Perang Rusia-Ukraina, ketegangan laut Tiongkok Selatan memerlukan suatu tanggung jawab presiden bagi masa depan, tetapi juga sosok wakil,” katanya.

Oleh karena itu, menurut Hasto, sosok calon wakil presiden itu tentunya yang mempunyai kemampuan profesional dan PDI Perjuang mencari yang terbaik dan saling melengkapi kepemimpinan untuk rakyat.