HNSI Minta Pemprov Babel, Lakukan Sayembara Atasi Alur Muara

Bangka, Harnasnews.com  – Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia ( HNSI) Bangka Ridwan meminta Pemerintah Provinsi Bangka Belitung lakukan sayembara terbuka dalam mengatasi pendangkalan alur muara Air Kantung Sungailiat.Demikian disampaikan Ridwan, Rabu ( 5/2) sore bertempat di Sungailiat.

“Pro kontra terkait pendangkalan alur muara Air Kantung, sebaiknya Pemprov Babel membuat sayembara terbuka. siapa saja calon investor yang berminat melakukan investasi pendalaman alur silahkan asal dibuat satu syarat,” kata Ridwan.

Salah satu contoh syarat menurut Ridwan pihak investor wajib membangun breakwater.

“Kalau bisa dengan syarat, tahun pertama investor membuat breakwater, tertuang dalam surat perjanjian,” terangnya.

Orang nomor satu dijajaran kepengurusan HNSI Bangka itu juga meminta kepada Gubernur Babel untuk membawa masalah pendangkalan alur kepada pihak kementerian.

“Kami berharap Pak gubernur harus bicara dengan kementerian terkait soal pendangkalan alur ini. kalau pak gubernur tidak mau bicara, kami nelayan bangka tidak akan memilih lagi jika memcalonkan diri sebagai Gubernur periode berikutnya,” ungkap Ridwan.

Lanjut Ridwan bukan tanpa dasar kalau pihak Pemprov Babel harus ikut memberi solusi pendalaman alur muara yang dimaksud.

“Berdasarkan UU 23 tahun 2014 provinsi harus ikut dalam hal ini, kok Pantai Matras bisa dibikin breakwater, terkait pendangkalan muara, upaya HNSI sudah berkirim surat ke kementrian terkait, soal pendangkalan alur muara Air Kantung, sampai hari ini belum ada jawaban.” tukasnya.

Diakhir keterangannya Ridwan menepis kabar bahwa, HNSI Bangka dibawa kepemimpinannya tidak membantu kepentingan nelayan.

“Jadi kalau ada pihak mengatakan HNSi tidak pernah terlibat dalam mengurus alur muara untuk kepentinga nelayan, saya pertanyakan kemana pihak itu selama ini,” tutupnya.( Ardam )

Leave A Reply

Your email address will not be published.