HUT ARMADA RI Ke 77, Pangkalan TNI AL Semarang Gelar Upacara Peringatan

Semua Prajurit TNI AL Semarang mengikuti Upacara Hut ARMADA RI ke 77.(Foto:Bud/Pen)

SEMARANG,Harnasnews – Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Semarang dengan Komandan Kolonel Marinir Hariyono Masturi, M. Tr. Hanla., M.M., menggelar upacara dalam rangka peringatan HUT Armada RI Ke- 77 Tahun 2022 dengan tema ” Komando Armada RI Pengawal Samudra Untuk Indonesia Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat “, yang di laksanakan di lapangan apel Markas Komando (Mako) Lanal Semarang Jalan Arteri RE Martadinata No 12 Semarang. Senin (5/12/2022).

Komandan Lanal Semarang yang diwakili oleh Palaksa Lanal Semarang Letkol Laut (KH) Yudi Hermawan, S.P, bertindak sebagai Inspektur Upacara dan sebagai Komandan Upacara Lettu Laut (PM) Muhardi, sementara susunan pasukan upacara antara lain 1 (satu) Deputasi Perwira, 2 (dua) SST Bintara, 1 (satu) SST Tamtama, serta 1 (satu) SST Pegawai Negeri Sipil Lanal Semarang.

Dalam amanatnya Inspektur Upacara membacakan amanat Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, antara lain menyampaikan kalian adalah para prajurit yang tidak pernah lelah dan lengah menjaga laut Nusantara, di pundak kalianlah jaminan Kejayaan Maritim Indonesia dapat di bangun, menjulang membahana. Melalui pengorbanan dan pengabdian kalian di tengah lautan, cita-cita poros maritim dunia akan menjadi kenyataan. Kalian adalah wujud nyata dari Sesanti Jalesveva Jayamahe, Justru di Laut kita jaya.

Hari ini kita torehkan sejarah, untuk pertama kali Hari Armada kita peringati secara terpusat di Tanjung Pinang Kepulauan Riau. Di tanah para Pahlawan Bahari, Sultan Mahmud Riayat Syah dan Raja Haji Fisabilillah membangun dan mengerahkan Armada Laut yang tangguh mengusir penjajah dari Bumi Pertiwi. Nilai-nilai perjuangan dan semangat pengorbanan mereka akan selalu menginspirasi setiap langkah pengabdian kita kepada Negara dan Bangsa yang kita cintai ini.

Hari Armada RI Tahun ini tidak hanya istimewa dan bersejarah, namun juga memiliki nilai strategis dengan resminya perpindahan Mako Koarmada I beserta satuan jajaran. Hal ini merupakan bentuk kepekaan TNI Angkatan Laut terhadap dinamika lingkungan yang terus berubah dan berkembang, mengharuskan TNI Angkatan Laut untuk terus membangun dan menata kekuatan, agar dapat merespon setiap ancaman terhadap Kedaulatan Negara dan keamanan Laut Nusantara secara cepat, tepat dan efektif.

Hal ini selaras dengan Geografi Indonesia yang menuntut kehadiran kekuatan Armada RI di seluruh penjuru Nusantara, khususnya di daerah-daerah rawan dan corong-corong strategis, agar dapat meningkatkan mobilitas dan mempercepat waktu reaksi pengerahan kekuatan kapanpun dan di manapun di butuhkan.

Telah menjadi komitmen dan janji Bhakti kita semua, untuk kedaulatan negara, tidak boleh ada keraguan dan tawar menawar, karena itulah pilihan jalan yang kita tempuh sebagai prajurit Jalasena Samudera.(budi)

Leave A Reply

Your email address will not be published.