MEDAN, Harnasnews – Indonesia tidak hanya masuk ke dalam logistik rantai pasokan ekonomi digital wilayah pedesaan, tetapi juga masuk menjadi pasokan ekonomi negara-negara ASEAN.

“Indonesia ini merupakan sentral jalur logistik ekonomi ASEAN dan merupakan lalu lalangnya kapal-kapal dari negara Asia Pasifik,” kata Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan (Unimed) Dr Muhammad Fitri Rahmadana, SE, MSi, di Medan, Senin saat diminta tanggapannya mengenai Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN 2023 berlangsung  di Labuhan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Fitri menyebutkan misalnya Australia dan Selandia yang akan membuka hubungan perdagangan ekonomi dengan negara Filipina, Jepang, Taiwan, Singapura, Malaysia dan negara lainnya.

Namun sebaliknya Indonesia belum memanfaatkan secara global internasional logistik rantai pasokan ekonomi dan perdagangan.

“Secara global kapal-kapal logistik yang mengangkut pasokan ekonomi dari Asia akan melewati perairan Selat Sunda, Selat Makassar dan perairan lainnya di Indonesia,” ucapnya, dikabarkan dari antara.