Jabatan PANGLIMA KOLINLAMIL Diserahterimakan

Jakarta,Harnasnews.Com  – Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi memimpin serah terima jabatan (Sertijab) Panglima Komando Lintas Laut Militer (Pangkolinlamil) dari Laksda TNI Yudo Margono, S.E., M.M. kepada Laksma TNI Achmad Rivai, S.E., M.M., di Pondok Dayung, Tanjung Priok, Kamis (15/3). Acara di Pondok Dayung ini dilaksanakan secara bersama-sama dengan sertijab Panglima Koarmabar, karena Laksda TNI Yudo Margono, S.E., M.M. setelah menyerahkan jabatannya kepada Laksma TNI Achmad Rivai, S.E., M.M. selanjutnya mengemban jabatan Panglima Koarmabar.

“Sertijab ini merupakan regenerasi pimpinan di lingkungan TNI AL. Kita berikan terimakasih yang setingginya bagi Laksda TNI Yudo Margono atas dedikasinya selama ini. Kepada Laksma Achmad Rivai, saya ucapkan selamat. Saya percaya dengan pengalaman yang dimiliki, Laksma TNI Achmad Rivai dapat melaksanakan tugasnya dengan baik,” jelas Kasal saat berikan sambutan dalam acara tersebut.

Secara terang dijelaskan orang nomor satu di TNI AL bahwa Kolinlamil mengemban tugas membina kemampuan sistem angkutan laut militer dan potensi angkutan laut nasional untuk kepentingan pertahanan negara, serta melaksanakan angkutan laut administratif, taktis maupun strategis TNI/Polri dan

melaksanakan bantuan angkutan laut dalam rangka pembangunan nasional.

“Tugas tersebut tidaklah ringan, dihadapkan pada perkembangan lingkungan strategis yang diwarnai dengan permasalahan terkait perbatasan antar negara, pengamanan pelayaran, pencemaran lingkungan, dan pelanggaran hukum di laut serta penanggulangan bencana alam” tutur Kasal.

Selain itu, pemberontakan bersenjata, separatisme dan terorisme masih menjadi ancaman serius bagi integritas NKRI. Oleh karena itu, Kolinlamil menjadi salah satu tumpuan TNI Angkatan Laut dalam menjawab tantangan tugas tersebut, sehingga kesiapsiagaan operasional kotama ini harus optimal.

TNI Angkatan Laut tengah melaksanakan pembangunan kekuatan dan pembinaan kemampuan yang diarahkan untuk mewujudkan kekuatan pokok minimum guna mendukung pemerintah menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia. menyikapi hal tersebut, Kolinlamil dituntut untuk terus meningkatkan profesionalitas personel dengan didukung Standard Operating Procedure (SOP) yang implementatif. Oleh karena itu, diperlukan langkah-langkah inovatif dan kreatif dalam penyiapannya.

Sebelum dilantik sebagai Pangkolinlamil, Laksma TNI Achmad Rivai, S.E., M.M. yang lulusan Akademi Angkatan Laut ke XXXIII/1988 ini menjabat sebagai Staf khusus Kepala Staf TNI Angkatan Laut untuk mengomandani Satuan Tugas Proyek Pengadaan Kapal Perusak Kawal Rudal (PKR) I dan II dan Komandan Lantamal II Padang pada tahun 2016.

Sederet tanda jasa telah diraih oleh beliau dalam pengabdiannya Selama 29 tahun 8 bulan di TNI AL, antara lain Bintang Jalasena Nararya, Satya Lencana Kesetiaan VIII, XVI dan XXIV tahun, Satya Lencana Dwidya Sistha, Kebaktian Sosial, Wira Dharma, Wira Nusa dan Dharma Nusa..

Acara Sertijab ini juga dimeriahkan dengan penampilan artis muda Vidi Aldiano yang mempersembahkan lagu seperti nuansa bening dan Ku Tak bisa yang dipopulerkan oleh Slank . (Daenk)

Leave A Reply

Your email address will not be published.