Juliari Klaim tak Tahu Anggaran Sewa Pesawat untuk Kunker

JAKARTA, Harnasnews.com –  Mantan Menteri Sosial (Mensos) Juliari Peter Batubara mengakui kerap menggunakan pesawat pribadi saat melakukan kunjungan kerja. Hal itu ia ungkapkan dalam sidang lanjutan perkara korupsi Bansos Covid-19 dengan terdakwa Harry Van Sidabukke dan Ardian Iskandar Maddanatja, Senin (22/3), Juliari dihadirkan sebagai saksi secara virtual.

“Pernah sewa pesawat khusus?,” tanya Jaksa Nur Aziz kepada Juliari.

“Pernah beberapa kali. Mungkin sekitar 3-4 kali. Yang saya ingat pernah ke Kabupaten Luwu Utara melihat banjir kalau tidak salah. Lalu ke Natuna, kemudian ke Bali pernah sekali, ke Semarang pernah, ke Tanah Bumbu dan Malang,” jawab Juliari.

Jaksa lalu mencecar sumber dana yang digunakan untuk membiayai pesawat pribadi tersebut. Juliari mengaku anggaran tersebut diurus oleh Biro Umum di Kementrian Sosial.

“Kalau pesawat sewa charter pak. Ya kalau anggaran mengurus keperluan itu kan di Biro Umum, keperluan Menteri karena kan Biro Umum membawahi Tata Usaha Menteri, Protokol,” jelas Juliari.

Tak puas dengan jawaban Juliari, Jaksa mencecar apakah ada anggaran khusus di Biro Umum untuk menyewa pesawat pribadi. Juliari pun mengaku tak tahu menahu dengan anggaran tersebut.

“Anggaran pastinya saya tidak paham tapi terkait perjalanan dinas biasanya di handle Biro Umum,” katanya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.