Jumlah Jenazah Covid-19 Meningkat, TPU Pedurenan Akan Tambah Lahan Pemakaman

KOTA BEKASI, Harnasnews.com – Lonjakan jumlah pasien covid-19 di Kota Bekasi semakin meningkat. Bukan hanya itu, petugas pemakaman juga kewalahan dengan banyaknya jumlah jenazah yang dimakamkan dengan protokol covid di pemakaman khusus Covid-19 di TPU Pedurenan, Kota Bekasi.

“Kami pada minggu-mingu ini memang ada lonjakan yang cukup signifikan yang dimakamkan akibat karena penyakit covid-19 ini, jadi hampir rata-rata setiap harinya itu untuk akibat Covidnya 20 orang dan protokol covidnya 10 orang jadi rata-rata 30 orang setiap harinya,” kata Kadis Perkimtan Jumhana Lutfi saat dikonfirmasi pada Jumat (25/06)

Petugas pemulasaraan jenazah yang bersiaga di TPU Pedurenan sebanyak 30 orang, namun hal tersebut mengakibatkan kelelahan petugas karena banyaknya jumlah pasien yang dimakamkan.

“Awalnya kami menyediakan tenaga pemakaman khusus penanganan Covid-19 sebanyak 30 orang namun, karena ada peningkatan, kami tambahkan sekitar 20 orang jadi totalnya 50 orang untuk penanganan ini, dan juga kamu tambah dengan alat ekskavator untuk menggali,” tambahnya

Pemkot Bekasi menyediakan lahan pemakaman khusus Covid-19 di TPU Pedurenan akan ditambah seluas 6 hektar dari sebelumnya hanya 1 hektare yang sekarang ini hampir penuh.

“Total yang dimakamkan 2.098 protokol covid sampai hari ini sejak 22 Maret 2020 lalu,” tambahnya.

Sejak 6 bulan terakhir sebelumnya mengalami penurunan, namun pasca lebaran, jumlah pasien covid-19 meningkat dan yang terparah ialah sejak 2 Minggu terakhir. (Mam)

Leave A Reply

Your email address will not be published.