Kades Mujib Enggan Dikonfirmasi Terkait Pengelolaan Dana Desa

Pasuruan, Harnasnews.com – Merujuk kepada undang undang nomor 14 tahun 2008, tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP), begitu juga SKB tiga menteri, juga amanat Permendagri 114 dan 113, semuanya aturan ini mengamanatkan agar semua anggaran yang dikelola oleh pengguna anggaran yang berhubungan dengan uang negara perlu transparan atau terbuka kepada Publik.

Sama dengan dana desa, juga harus transparan kepada publik atau masyarakat demi menghindari asumsi asumsi negatif.

Dana desa yang telah bergulir sejak tahun 2015-2019 terus meningkat dengan jumlah yang sangat besar, malah di tahun ini dana desa sampai mencapai 1,7 M dan jumlah ini bervariasi malah ada yang lebih, maka hendaknya pengelolaan dan penggunaan dana ini harus lebih terbuka.

Akan tetapi dalam menyikapi hal ini, Desa Suwayuwo Sukorejo yang dipimpin Kades Abdul Mujib tidak mentaati peraturan tersebut bahkan berani membuat RAPB Desa tanpa musyawarah desa.

Kami awak media harnasnews.com kembali mencoba konfirmasi terkait hal ini pada Rabu (17/07/2019) pada kades Abdul Mujib, dia enggan menjawab serta menghindar bahkan terdengar menggerutu.

“Contoh proyek plengsengan di TKD antara fisik proyek dengan harga pagu proyek sangat jauh perbedaan, mungkin ada unsur Mark UP pengerjaan proyek asal asalan,” keluh warga.

Sepertinya Kades ingin meraup untung besar dari pertitik proyek desa, sehingga enggan di konfirmasi terkait hal tersebut, sengaja ingin ambil untung besar bukan mau membangun desanya dengan ikhlas.

Kami berusaha menunggu kades Mujib akan tetapi tidak ada tanggapan sama sekali dan di balai desa, juga tidak tersedia Infografik yang menampilkan item item proyek desa, beserta harga proyeknya.

Semestinya tersedia Infografik sehingga semua masyarakat dan awak media bila ingin tahu berapa dan bagaimana proyek desanya tidak payah lagi menjumpai Kades atau panitia lagi, karena di sana telah tersedia semacam papan informasi, sehingga tidak sulit untuk meminta keterangan dari para Kades, karena telah tersedia informasi yg benar.(por/Red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.