Kapolres Pasuruan AKBP Rofiq Ripto Himawan Gelar Apel Tanggap Bencana Dan Simulasi Bencana Longsor Di Kecamatan Prigen

Pasuruan, Harnasnews.com – Demi meminimalisir korban bencana serta edukasi bencana, Kapolres Pasuruan AKBP Rofiq Ripto Himawan gelar apel tanggap bencana dan simulasi bencana longsor di kecamatan Prigen tepatnya di wisata Kakek Bodo pada hari Rabu (7/20).

Bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasuruan, Kapolres AKBP Rofiq bersama dinas terkait menyelenggarakan kegiatan Pelatihan dan Simulasi Penanganan Bencana longsor kepada warga Kecamatan Prigen.

Tampak hadir dalam kegiatan simulasi tanggap bencana Kapolres AKBP Rofiq, Wakapolres, camat Prigen, Danramil Prigen, Kapolsek Prigen, BPBD/TAGANA Kabupaten, Formopimka, Sekda Kabupaten, Muspida, Babinsa, Babinkamtibmas, Upt terkait, Pendamping Desa, Pkh, Ansor, Banser, serta Karangtaruna.

Simulasi terfokus bencana longsor dan banjir, karena Kecamatan Prigen sendiri berada di kawasan Pegunungan. Dengan datangnya musim penghujan maka bencana banjir serta longsor wajib diantisipasi dengan adanya simulasi dan edukasi bagi masyarakat.

Wilayah Kabupaten Pasuruan khususnya Prigen paling rawan akan adanya bencana longsor, maka untuk mendukung visi misi Bupati Irsyad Yusuf menyongsong Tugas tahun 2020 untuk mengedukasi seluruh jajaran serta masyarakat akan dampak dari bencana, ujar Kapolres AKBP Rofiq.

Kegiatan bertujuan untuk mengedukasi warga dengan pembelajaran penanggulangan bencana kepada masyarakat khusunya guna mengantisipasi pengurangan resiko bencana longsor dan banjir, lanjutnya.

“Kami harapkan tim ini bisa bekerja dengan maksimal, cepat dan tanggap ketika ada bencana. Artinya sebelum menyelamatkan orang lain, amankan diri terlebih dulu. Misalnya ketika ingin menolong orang tenggelam di sungai, jangan asal ikut nyebur untuk menolong. Lindungi dulu dengan pelampung dan alat pelindung diri”, himbau Kapolres AKBP Rofiq. (por/dre/lum)

Leave A Reply

Your email address will not be published.