Kapolri Instruksikan Semua Polda Antisipasi Varian Baru COVID-19

“NTB dan beberapa ‘event’ lanjutan di Bali dipersiapkan dengan baik. Kalau ini bisa dikelola dengan baik tentunya Indonesia di mata internasional semakin baik dan tentunya hal lain seperti pertumbuhan ekonomi,” tutur Sigit.

Sigit juga mengapresiasi kepada seluruh jajaran yang telah bekerja keras untuk mencegah laju pertumbuhan virus Corona. Diharapkan kinerja ini terus dipertahankan dengan bersinergi bersama TNI, Pemda dan seluruh elemen masyarakat.

“Apa yang terjadi merupakan hasil kerja keras seluruh anggota. Sekarang tumpuan ada TNI- Polri. Tapi saya yakin seluruh rekan akan melaksanakan dengan baik,” kata Kapolri.

Dalam pengarahan evaluasi PPKM secara virtual itu, jenderal bintang empat itu menekankan kepada seluruh jajarannya untuk tetap menyiapkan segala upaya dan antisipasi guna mencegah terjadinya lonjakan laju pertumbuhan COVID-19 di tengah terjadinya pelonggaran aktivitas masyarakat.

Sebagaimana diketahui, kasus aktif harian virus COVID-19 di Tanah Air mengalami penurunan sejak satu bulan terakhir.

“Persiapkan langkah-langkah antisipasi terhadap pelonggaran agar tidak terjadi lonjakan kasus kembali,” kata Sigit, dilansir dari antara.

Mantan Kabareskrim Polri ini menyebutkan, salah satu upaya untuk mencegah laju pertumbuhan COVID-19 dan persiapan untuk menuju peralihan dari pandemi ke endemi, adalah dengan tetap melaksanakan pengetatan protokol kesehatan (prokes), melalui “3M” (memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak), penguatan “3T” (Tracing, Testing dan Treatment) serta percepatan vaksinasi.

Selain itu, Kapolri juga meminta kepada seluruh Polda jajaran untuk memaksimalkan aplikasi PeduliLindungi dalam melakukan antisipasi lonjakan di tengah pelonggaran aktivitas masyarakat.

Platform tersebut, kata Sigit, harus disediakan di segala lini pusat aktivitas warga. Sehingga, akselerasi vaksinasi masyarakat dapat maksimal dilakukan.

“Maksimalkan penggunaan aplikasi PeduliLindungi. Pengawasan terhadap masyarakat dengan menggunakan aplikasi PeduliLindungi. Apabila ditemukan kategori kuning atau merah berikan pelayanan vaksin dengan menyediakan gerai vaksinasi maupun vaksin ‘mobile’,” ujarnya.(qq)

Leave A Reply

Your email address will not be published.