Kasus Abu Janda Jadi Tantangan Bagi Kapolri Baru

“Soal evolusi itu, itu dia menunjuk nama dan cuitannya menyinggung banyak orang. Sudah rasis menunjuk pakai evolusi? Itu memecah-belah dan mengundang gejolak di masyarakat Papua,” kata Haris saat dikonfirmasi.

Menurut Haris, status Abu Janda soal evolusi kepada Pigai merujuk seolah warga suku Papua disamakan dengan binatang. Adapun maksud evolusi adalah Pigai belum seperti manusia modern seperti sekarang.

“Jangan sakiti saudara kami, jangan main fisik. Kata evolusi kepada saudara Pigai seolah dia manusia purbakala. Papua hari ini kita lihat nyaman, jangan disakiti oleh ucapan rasis. Semoga Permadi ditangkap,” kata Haris.

Disinggung apakah Abu Janda bakal diproses Bareskrim Polri, Haris sangat percaya. Meski Abu Janda sudah dilaporkan beberapa kali dan tak diproses, Haris yakin kali ini laporan KNPI ditangani secara serius oleh Polri. Hal itu lantaran Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo membawa harapan baru. “Kapolri yang baru membawa wajah baru, dan visi misi baru, pasti akan diproses,” katanya.

Haris mengaku geram dengan tingkah laku Abu Janda selama ini, yang membuat cuitan di Twitter dengan nada menghasut dan memecah belah. Dia juga kesal lantaran Abu Janda selalu mengaku, sebagai pendukung Presiden Jokowi. Padahal, sambung dia, Jokowi malah tidak pernah berperilaku seperti itu. Karena itu, Haris sangat berharap Polri segera memprosesnya. (Red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.