Kasus Kematian Meningkat di DIY Selama PPKM

JAKARTA, Harnasnews.com – Juru Bicara Pemerintah Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyampaikan, tren perkembangan kasus kematian di sejumlah provinsi cenderung bervariasi dan belum menunjukan perubahan yang signifikan. Berdasarkan data Satgas, sejumlah daerah seperti Banten, DIY, Jawa Tengah, dan Jawa Timur menunjukan peningkatan persentase kematian.

Bahkan di DIY, kata Wiku, tercatat mengalami kenaikan sebesar 0,22 persen dibandingkan sebelum dilaksanakannya PPKM. “Kondisi ini menunjukan bahwa ternyata meskipun kasus aktif dan kesembuhan cenderung mengalami perkembangan ke arah positif pada sebagian besar provinsi yang menjalankan PPKM, tidak serta merta berdampak positif juga pada perkembangan kematian,” jelas Wiku saat konferensi pers, Selasa (23/2).

Sementara itu, DKI Jakarta menunjukan penurunan kasus kematian secara konsisten sejak PPKM kabupaten kota tahap pertama diberlakukan. DKI Jakarta tercatat mengalami penurunan kasus kematian dari 1,72 persen menjadi 1,58 persen atau turun sebesar 0,14 persen.

Sedangkan di provinsi lainnya mengalami tren yang fluktuatif dan bahkan peningkatan. Seperti di Jawa Barat yang sempat mengalami kenaikan kasus pada periode PPKM tahap kedua. Di Bali, kasus kematiannya tercatat mengalami peningkatan pada tahap pertama PPKM berlangsung. Bahkan angka kenaikannya cukup tajam dibandingkan sebelum PPKM dilaksanakan.“Namun Bali berhasil kembali menurunkan persen kematiannya pada periode PPKM tahap dua dan tiga,” ujarnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.