Kominfo Takedown 111 Hoaks tentang Vaksin Covid-19

JAKARTA, Harnasnews.com – Kementerian Komunikasi dan Informatika secara akumulatif mengidentifikasi 111 isu hoaks yang berkaitan dengan Vaksin Covid-19. Koordinator Pengendalian Konten Internet Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kominfo Anthonius Malau mengatakan, saat ini, Kominfo telah mentakedown/menurunkan semua hoaks vaksin tersebut.

Dalam penanganan hoaks itu, Kementerian Kominfo melibatkan multistakeholders dari kementerian, lembaga, pemerintah daerah. “Semuanya sudah ditakedown oleh Tim AIS Kominfo,” kata Anthonius dalam siaran pers Kemkominfo, Selasa (23/2).

Anthonius mengatakan 111 isu hoaks itu tersebar di 578 platform digital di media sosial. Yakni, melalui Facebook sebanyak 471, Instagram 9, Twitter 45, YouTube 38 dan TikTok 15 sebaran.

Anthonius mengatakan, hoaks terutama mengenai vaksin Covid-19 cenderung terus meningkat. Jika pada 1 Februari ada 97 isu hoaks vaksin dan tersebar di 280 konten di media sosial, kini hampir dua kali lipatnya yakni 578 konten. Menurutnya, jika hoaks mengenai vaksin dibiarkan maka akan berdampak pada capaian kesuksesan vaksinasi oleh pemerintah.

“Karena vaksin ini menjadi program pemerintah yang tidak boleh gagal, program ini harus berhasil seperti yang dikatakan para ahli untuk mencapai target herd immunity masyarakat supaya bisa dikendalikan Covid-19,” katanya.

Karena itu, Tim AIS Ditjen Aptika Kementerian Kominfo menggandeng kementerian, lembaga dan pemerintah daerah membahas strategis menangkal hoaks mengenai Vaksin Covid-19.

Kementerian Kominfo, menurut Anthonius juga, meminta pandangan dari berbagai pemangku kepentingan dengan tujuan agar secara bersama-sama mengatasi persoalan hoaks vaksin yang sampai saat ini masih menimbulkan rasa ketakutan pada masyarakat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.