Kawal Pemilu, Bawaslu Gelar Sosialisasi Dengan FK2D, FKUB, FKLE dan Mahasiswa

SUMBAWA, Harnasnews – Bawaslu Kabupaten Sumbawa, melakukan sosialisasi kepada kepala desa, organisasi kemasyarakatan dan agama, terkait pengawasan partisipatif. Sosialisasi ini dilakukan, guna memberikan pemahaman terkait pentingnya pengawasan pemilu oleh seluruh lapisan masyarakat.

Sosialisasi ini diikuti oleh Forum Komunikasi Kepala Desa (FK2D), Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB), Forum Komunikasi Lintas Etnis (FKLE) dan mahasiswa. Kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Sumbawa Grand, Selasa (21/3) pagi.

Ketua Bawaslu Kabupaten Sumbawa, Syamsihidayat, S.IP mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk sosialisasi yang dilakukan Bawaslu. Untuk melibatkan semua elemen masyarakat dalam pengawasan pemilu. Dalam kegiatan kali ini pihaknya mengundang kepala desa, organisasi masyarakat dan agama. “Hal ini kami lakukan, sebagai upaya memaksimalkan pengawasan. Dengan melibatkan stakeholder yang memiliki pengaruh di lingkungan masyarakat,” ujar Syamsi.

Dengan kegiatan ini, seluruh elemen masyarakat diharapkan bisa memahami langkah pencegahan pelanggaran pemilu. Sosialisasi ini juga dilakukan menghindari langkah penindakan. Sebelumnya, sosialisasi juga sudah dilakukan kepada organisasi dan kelompok kepemudaan.

“Melalui sosialisasi ini kami harapkan, nanti saat tahapan krusial kampanye, ada pemahaman. Minimal (pelanggaran, red) jangan dilakukan kelompok ini. Dan bisa menyebarkan “virus” kepengawasan sebagai langkah pencegahan sehingga tidak terjadi pelanggaran,” imbuhnya.

Syamsi menegaskan, kegiatan ini juga merupakan bentuk pengawasan yang dilakukan. Pihaknya sadar, tidak bisa melakukan pengawasan secara keseluruhan karena keterbatasan personel. Namun, pihaknya melibatkan masyarakat yang memiliki pengaruh, untuk ikut membantu melakukan pengawasan.

“Minimal, dapat meminimalisir terjadinya sebuah pelanggaran kedepan,” pungkasnya.(HR)

Leave A Reply

Your email address will not be published.