Ke Tawangmangu, Jangan Lupa Oleh Oleh Getuknya

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, saat mengunjungi rumah produksi Gethukku milik Agung di Tawangmangu, beberapa waktu Lalu. Foto : dok

KABUPATEN KARANGANYAR,HARNASNEWS.COM – Tawangmangu sebuah tempat wisata di ujung timur Kota Solo, tepatnya di Lereng Gunung Lawu, Kabupaten Karanganyar. Tawangmangu dikenal dengan Air Terjun Grojogan Sewu, tapi sekarang Tawangmangu juga dikenal dengan aneka kulinernya yang tidak menguras kantong. Kurang lebih hanya 40 menit dijangkau dengan Mobil dari Kota Solo.

Beberapa kuliner di Tawangmangu yang sudah banyak di kenal wisatawan adalah Sate Kambing, Sate Kelinci, Pecel dan Sop Bu Ugi, Rumah Makan Bangun Trisno Dan lain – lain.

Selain kuliner, Tawangmangu juga mempunyai makanan oleh – oleh khas yaitu Gethuk. Bukan sembarang Gethuk, karena Gethuk Tawangmangu terbuat dari Singkong asli Lereng Gunung Lawu yang disebut Singkong Jarak Towo.

Jika Gethuk pada umumnya tidak kuat bertahan lama alias harus segera dimakan dalan satu atau dua Hari, Gethuk khas oleh-oleh Tawangmangu ini bisa bertahan hingga 3 Bulan. Tentunya disimpan didalam freezer atau Kulkas.

Salah satu Gethuk yang rekomended adalah Gethuk dengan merek Gethukku. Diproduksi oleh Agung, warga RT. 04/02, Kelurahan Tawangmangu, Kecamatan Tawangmangu, tepatnya di sebelah barat Terminal Tawangmangu.

Ada aneka rasa yang di tawarkan. Rasa Original, Jeruk Purut dan rasa Coklat, Keju, Durian dan lain – lain. ” Gethuk yang saya buat mempunyai banyak  varian rasa, yaitu rasa Original, Jeruk Purut dan rasa Coklat ,Jadik Keju, Durian dan lain – lain , tinggal dipilih rasa yang di suka” ujar Agung.

Leave A Reply

Your email address will not be published.