Kecamatan Bhineka Tunggal Ika Melaksanakan Kegiatan Guyub Rawat Bumi

Berita

 

PASURUAN, Harnasnews.com – Kecamatan Bhineka Tunggal ika melaksanakan kegiatan penanaman pohon dengan teman Guyub Rawat Bumi di wilayah Kecamatan Tosari Kabupaten Pasuruan, pada hari Sabtu (08/01/2022).

Kecamatan Bhineka Tunggal ika merupakan kolaborasi Kecamatan Tosari dengan Dinas Kehutanan Perum Perhutani dan TNBTS (Taman Nasional Bromo Tengger Semeru) berserta masyarakat.

Kegiatan penanaman tersebut dihadiri oleh Camat Tosari Edi Priyanto, Kapolsek Tosari AKP Slamet Aji, Kades Baledono Dimas, mantri hutan RPH Puspo Adi Susanto, Anggota DPR Pasuruan Sugiarto, perwakilan PT AB (Air Bersih) Iwan Sabari,  perwakilan dari DLH, kepala Resort Penanjakan Susion, Kades Sedaeng Abdul Hadi, Kades Tosari Wafik Imbron, Yayasan sanggar Indonesia Hijau, segenab lMDH se-Kecamatan Tosari.

Adapun jenis pohon yang di tanam dalam acara, adalah pohon cemara dan pohon ekaliptus. Pada kegiatan ini ada sebanyak 5000 bibit pohon yang ditanam di sepanjang Medan jalan Pasuruan Tosari.

Camat Tosari Edi Priyanto menyampaikan “tujuan dari penanaman bibit pohon ini, untuk masyarakat suku Tengger supaya kedepannya mendapat sehat rizki, sehat lingkungan, sehat jasmani karena kebutuhan oksigen kita terpenuhi, dan biar penerus kita tetap nyaman menjalani kehidupan untuk masa yang akan datang,” jelasnya.

Sementara itu di tempat terpisah mantri perhutani RPH Puspo Adi Susanto mengatakan “penanaman bibit pohon ini yang berbatasan langsung dengan kawasan hutan perhutani, sengaja penanaman bibit tanaman di fokuskan di alur A ini. Untuk penguat atau penahan dari bencana alam, seperti longsor yang sangat rawan di daerah ketinggian seperti di Kecamatan Tosari,” pungkas Adi.(Dre)

Leave A Reply

Your email address will not be published.