Kematian-Kesembuhan Sama-Sama Melonjak, Wiku: Ini Tak Biasa

JAKARTA, Harnasnews.com – Juru Bicara Pemerintah Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyebut, kasus kematian akibat Covid-19 di Indonesia masih menjadi tantangan utama yang belum bisa terselesaikan hingga saat ini. Ia pun menyebut kondisi saat ini merupakan keadaan yang tidak biasa.

Sebab, biasanya jika kesembuhan mengalami kenaikan, maka kasus kematian akan mengalami penurunan. Begitu juga sebaliknya, jika kesembuhan menurun, maka kasus kematian akan meningkat. Namun, saat ini baik angka kematian dan kesembuhan justru sama-sama mengalami kenaikan.

“Keadaan ini adalah keadaan yang tidak biasa. Karena biasanya jika kesembuhan naik, maka kematian akan turun, dan sebaliknya jika kesembuhan turun maka kematian naik. Namun, yang saat ini terjadi adalah kedua indikator mengalami kenaikan,” jelas Wiku saat konferensi pers, Selasa (24/8).

Satgas mencatat, kenaikan angka kasus kematian saat ini bahkan terjadi di 33 provinsi, kecuali di Kalimantan Tengah. Menurut Wiku, kenaikan kematian yang bersamaan dengan kenaikan kesembuhan ini dapat terjadi karena penguatan di fasilitas kesehatan dan isolasi terpusat tidak diimbangi dengan pemanfaatannya secara maksimal.

“Bisa jadi masih ada warga yang terinfeksi Covid-19 yang tidak ditangani dengan cepat atau masih melakukan isolasi mandiri di rumah dalam keadaan yang tidak memadai,” jelasnya, dikutip dari republika.

Leave A Reply

Your email address will not be published.