Kemenkeu: Kinerja Solid APBN 2023 jadi Katalis Minat Lelang SUN Naik

JAKARTA, Harnasnews – Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kementerian Keuangan menyatakan kinerja solid Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2023 menjadi katalis melonjaknya minat lelang Surat Utang Negara (SUN) pada 3 Januari 2024.

“Kinerja APBN tahun 2023 yang solid dengan realisasi defisit sebesar 1,65 persen dari produk domestik bruto (PDB) dan tingkat inflasi bulan Desember 2023 yang terjaga, menjadi katalis positif lelang SUN hari ini,” kata Direktur Surat Utang Negara DJPPR Kemenkeu, Deni Ridwan di Jakarta, Rabu.

Pada lelang SUN perdana tahun 2024, total penawaran masuk (incoming bids) tercatat mencapai Rp39,80 triliun atau 1,59 kali dari target indikatif yang telah diumumkan sebelumnya.

Faktor yang mendorong capaian tersebut, selain kinerja APBN dan inflasi, ialah stabilnya pasar keuangan global seiring dengan ekspektasi atas pemangkasan Fed Fund Rate (FFR) akan dimulai pada kuartal I tahun ini.

Seri SUN tenor 5 dan 10 tahun menjadi seri yang paling diminati investor pada lelang SUN hari ini, dengan jumlah incoming bids dan awarded bids masing-masing sebesar 46,78 persen dari total incoming bids dan 65,75 persen dari total awarded bids.

Leave A Reply

Your email address will not be published.