Kemenkeu: Minat Investor Pada Lelang SUN Solid di Tengah Volatilitas

Preferensi investor untuk obligasi negara masih pada dua seri benchmark dengan tenor lima dan 10 tahun mencapai 52,15 persen dari total incoming bids dan 62,06 persen dari total awarded bids, sedangkan incoming bids terbesar masih pada tenor 10 tahun sebesar Rp13,52 triliun.

Dilansir dari antara, sementara itu, Deni menuturkan partisipasi investor asing mayoritas pada tenor lima dan 10 tahun, dengan total penawaran masuk mencapai Rp5,29 triliun atau 12,16 persen dari total incoming bids dan dimenangkan Rp2,63 triliun atau 49,75 persen dari total incoming bids investor asing.

Secara umum, level yield rata-rata tertimbang (WAY) lelang SUN hari ini untuk seri Obligasi Negara turun sebesar tiga sampai 16 basis poin (bps) dibandingkan lelang sebelumnya. Sehingga di tengah pasar yang cenderung volatil, pemerintah masih bisa mendapatkan level biaya pinjaman atau borrowing cost yang cukup kompetitif.

Sesuai dengan kalender penerbitan SBN tahun 2022, lelang penerbitan SUN selanjutnya akan dilaksanakan pada tanggal 21 Juni 2022. Pemerintah optimistis kondisi pasar ke depan akan lebih kondusif dalam mendukung pemenuhan kebutuhan pembiayaan APBN melalui penerbitan SBN.(qq)

Leave A Reply

Your email address will not be published.