Kemendikbudristek Dorong Adanya Kolaborasi Wujudkan Kampus Merdeka

JAKARTA, Harnasnews – Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Suharti mendorong adanya kolaborasi berbagai pihak untuk mewujudkan Kampus Merdeka.

Suharti menyampaikan itu saat melantik sejumlah pejabat Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) dan perguruan tinggi serta Fungsional Ahli Utama di Jakarta, Selasa.

Adapun para pejabat yang dilantik, adalah Ketut Wiradnyana selaku Peneliti Ahli Utama di Badan Standar, Kurikulum dan Asesmen Pendidikan; Dady Mairuhu sebagai Direktur Politeknik Negeri Ambon Periode 2022-2026; Joko Sutopo Sugeng Hartono selaku Direktur Akademi Komunitas Negeri Rejang Lebong Periode 2022-2026.

Selain itu Iskhaq Iskandar selaku Kepala LLDikti Wilayah II; Afdalisma selaku Kepala LLDikti Wilayah X; Rizal Munadi selaku Kepala LLDikti Wilayah XIII; dan Munawir Sadzali Razak sebagai Kepala LLDikti Wilayah XVI.

Suharti dalam kesempatan ini menekankan pentingnya LLDikti dan perguruan tinggi untuk mengembangkan kolaborasi dengan berbagai pihak guna meraih cita-cita Kampus Merdeka, terutama dengan dunia usaha, industri dan pemerintah daerah (pemda).

“Ketika kita bisa memberi nilai tambah terhadap kebutuhan di daerah, saya yakin pemda dan pemangku kepentingan di daerah akan ringan tangan membantu perguruan tinggi yang Saudara-saudara pimpin,” kata Suharti.

Kepada Direktur Politeknik Negeri Ambon dan Direktur Akademi Komunitas Negeri Rejang Lebong, Suharti menekankan bahwa kinerja keduanya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran amat dibutuhkan Kemendikbudristek untuk memastikan pendidikan benar-benar menjawab tuntutan kebutuhan Tanah Air dan meningkatkan kebekerjaan lulusan.

“Banyak masyarakat memilih pendidikan vokasi, politeknik, dan akademi komunitas, dan banyak yang berasal dari keluarga tidak mampu. Mereka sangat berharap ketika lulus bisa mendapat kehidupan yang lebih baik. Mari, bersama-sama memastikan hal itu terjadi,” pesan Suharti.

Kepada para pimpinan LLDikti yang baru dilantik, Suharti mengatakan untuk terus membina dan mendampingi program-program prioritas Kemendikbudristek, terutama Kampus Merdeka.

“LLDikti berperan sebagai perangkat jaringan (hub) kerja sama antar perguruan tinggi maupun dengan lembaga-lembaga lain tingkat nasional dan internasional,” ucap Suharti.

Ditegaskan Suharti, fungsi pengendalian dan pengawasan LLDikti dan perguruan tinggi juga sangat penting, salah satunya lewat mitigasi dini persoalan di masing-masing dan antarlembaga.

Ia juga membahas pentingnya pimpinan LLDikti untuk turut memastikan Program Indonesia Pintar Kuliah berjalan dengan lancar.

Leave A Reply

Your email address will not be published.