Kemenkop dan UKM Dorong UKM Indonesia Tingkatkan Iklim Kompetitif

“Produk bisa dikategorikan sebagai unggulan apabila memiliki desain yang menarik, inovatif, memiliki ciri khas, dan memajukan kearifan lokal potensi budaya di Indonesia, serta berorientasi pasar internasional,” papar Wayan.

Asisten Deputi Pemasaran, Herustiati juga berharap bahwa para UKM Indonesia dapat terus meningkatkan kreativitas dan inovasinya dalam pengembangan produk sehingga dapat meningkatkan nilai tambah dan daya saing khususnya di pasar internasional.

Inacraft ke-20 dibuka pada tanggal 25 April 2018 di Assembly Hall, Jakarta Convention Center oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla bersama Ibu Mufidah Jusuf Kalla, serta didampingi Menteri Koperasi dan UKM Puspayoga dan Kepala Badan Ekonomi Kreatif Bapak Triawan Munaf.

Inacraft tahun 2018 mengangkat tema The Loftiness of North Sumatera yang mengangkat budaya Sumatera Utara sebagai ikon pameran tersebut. Inacraft adalah pameran kerajinan terbesar di wilayah Asia Tenggara yang berlangsung setiap tahunnya di bulan April di area Jakarta Convention Center.

Adapun hasil transaksi yang diperoleh dari 14 UKM yang telah difasilitasi Kemenkop UKM pada Inacraft 2018, yakni mendapatkan penjualan ritel sampel produk sebesar Rp. 497.805.000, dan transaksi order potensial sebesar Rp. 2.584.750.000 dari buyer domestik, maupun buyer internasional.(Red/Ed)

Leave A Reply

Your email address will not be published.