Kepala BNPB Pusat Tinjau Vaksinasi Sapi Di Nongkojajar

Berita

 

PASURUAN, Harnasnews – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letnan Jendral TNI Suharyanto bersama jajarannya meninjau langsung vaksinasi PMK pada sapi di Kecamatan Tutur, Kabupaten Pasuruan, hari Sabtu (25/06/2022).

Peninjauan vaksinasi PMK pada hewan tersebut bertujuan untuk memastikan perkembangan berlangsungnya vaksinasi di wilayah yang sudah menerima vaksin.

“Saya datang kesini, untuk melihat langsung perjalanan vaksinasi sudah berapa jauh penanganan vaksinasi yang di targetkan mulai kemarin, salah satu provinsi terbesar yang masyarakat nya peternak sapi dari sapi potong sampai sapi perah adalah provinsi Jawa Timur,” ujar Kepala BNPB.

Memang yang di utamakan adalah sapi bibit dan juga sapi perah yang memang mempunyai ekonomis tinggi, maka dari itu harus di utamakan.

“Vaksin tahap pertama untuk saat ini, kedepannya akan ada tahap kedua sampai benar-benar terbebas dari wabah Penyakit mulut dan kuku (PMK), kita akan melibatkan komponen dari unsur TNI – POLRI,” jelas Letnan Jendral TNI Suharyanto.

Sementara itu, Wakil Bupati Pasuruan Gus Mujib juga mengungkapkan, antisipasi meluasnya penyebaran PMK harus di adakan penjagaan di setiap desa masing-masing biar tidak ada sapi dari luar yang masuk ke wilayah Kecamatan Tutur.

“Kita adakan penyekatan di setiap dusun dengan melibatkan masyarakat setempat,” ucap Gus Mujib.

Selanjutnya, Ketua koperasi setia kawan H Sulistianto di dampingi dokter hewan Agus menyampaikan, “mari kita bersama-sama berdo’a semoga wabah ini cepat hilang dan keadaan kembali kondusif, ada tiga dokter yang di bagi beberapa tempat, satu Dokter bisa memvaksinasi minimal 300 ekor sapi, target satu tim dokter untuk memvaksin 2500 ekor sapi perhari,” tutupnya.(Dre)

Leave A Reply

Your email address will not be published.