Ketegangan Iran Dengan Israel Dapat Picu Perang Dunia Ketiga

JAKARTA, Harnasnews – Pekan ini dunia dikejutkan serangan rudal Iran menghujani wilayah Israel. Konflik militer tersebut diprediksi akan memicu Perang Dunia Ketiga.

Pengamat militer Wibisono mengatakan, untuk berperang dengan Iran, Israel memerlukan dukungan dari sekutu besarnya seperti Amerika Serikat, kendati demikian Washington kerap menegaskan pihaknya tidak ingin berperang dengan Iran apalagi sampai mengakibatkan Perang Dunia Ketiga.

“Karena untuk membalas itu kan dia (Israel) butuh dukungan juga dari sekutunya. Amerika Serikat sendiri juga berkali-kali menyatakan tidak ingin berperang dengan Iran dan tidak menginginkan ada perang regional,” ujar Wibisono dalam keterangan persnya kepada media di Jakarta, Selasa (16/4/2023).

Lanjutnya, serangan Iran ke Israel yang dilakukan pada Minggu (14/4) dapat meningkatkan suhu politik di kawasan Timur Tengah.

Menurutnya, Iran melakukan hal itu bukan secara gegabah, karena ditengarai Teheran telah mengantongi dukungan dari negara-negara sekutunya.

Wibi juga memperkirakan bahwa Iran h juga menyadari bahwa terlibat dalam konflik bersenjata langsung dengan menyerang wilayah Israel maka akan turut melibatkan kekuatan global lainnya.

“Jadi tanpa ada dukungan dari negara-negara yang menjadi sekutunya, seperti Rusia bahkan China, tampaknya Iran tentu tidak seberani itu melakukan serangan,” katanya.

Selain itu, sikap Iran yang melakukan penyerangan terhadap Israel mengindikasikan titik kesabaran negara tersebut setelah terbunuhnya Qasem Soleimani beberapa tahun lalu yang merupakan komandan tertinggi Pasukan Quds.

“Meski saat itu Iran akan melakukan serangan balik terhadap Israel akan tetapi tidak dilakukan,” jelas wibi

Seperti dikhawatirkan banyak pihak dalam beberapa hari belakangan, Iran akhirnya melakukan serangan balasan langsung ke Israel pada Ahad (14/4), hampir dua pekan setelah Israel diduga menggempur gedung Konsulat Iran di Ibu Kota Suriah, Damaskus. Serangan tersebut menewaskan tujuh anggota Garda Revolusi Iran, termasuk dua jenderal.

Leave A Reply

Your email address will not be published.