CIBINONG, BOGOR, Harnasnews.com – Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rudy Susmanto mengatakan ingin mengadopsi pola belajar pondok pesantren (ponpes) untuk pendidikan umum di wilayahnya.

“Saya berpendapat nilai-nilai kebaikan yang ada pada santri bisa ditularkan kepada murid di lembaga pendidikan reguler kita,” katanya saat menyambut peringatan Hari Santri Nasional (HSN) di Cibinong, Bogor, Kamis.

Menurutnya, HSN yang diperingati setiap 22 Oktober perlu dijadikan momentum bagi sektor pendidikan reguler meniru cara yang ditempuh pondok pesantren dalam menumbuhkan nasionalisme kepada siswa.

Pasalnya, pendidikan karakter yang diajarkan kiai kepada santri bukan hanya berorientasi pada akhlak individual dan akhlak sosial, melainkan juga akhlak dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Pendidikan karakter menjadi hal yang lebih utama dibanding pengajaran ilmu pengetahuan. Karena itu peranan lembaga pendidikan sangat dibutuhkan untuk mencetak generasi yang pintar dan berkarakter juga cinta kepada tanah airnya,” kata Rudy.