Khofifah: Tujuh Perusahaan Inggris Tertarik Investasi di Jatim

“Jika investasi asal Inggris masuk diharapkan  meningkatkan nilai realisasi investasi PMA di Jatim. Selain itu rangking realisasi investasi PMA Inggris akan terdongkrak naik menembus 10 besar,” ujarnya.

Gubernur Khofifah mengungkapkan, di sektor transportasi publik, Pemprov Jatim mengawal dan mendukung program percepatan pembangunan ekonomi sesuai Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 80 Tahun 2019, khususnya untuk transportasi publik di wilayah aglomerasi Surabaya.

Menurutnya, Perpres tersebut untuk menjawab koneksitas sentra-sentra penduduk, konsentrasi antara dunia industri dan pabrik, kawasan ekonomi khusus (KEK) dan sentra industri melalui layanan transportasi publik yang lebih mudah dan efisien.

“Sudah dilakukan penyusunan feasibility study untuk ‘Surabaya Regional Railways Line dan Sustainable Urban Mobility Plan’ dari Jerman, serta pre-feasibility study urban mass rapid transit system dari Jepang untuk membangun koneksitas di antara titik-titik di wilayah aglomerasi Surabaya, yang meliputi Gresik, Bangkalan, Mojokerto, Sidoarjo dan Lamongan,” katanya, dilansir dari antara.

Khofifah menilai pembangunan koneksitas transportasi publik penting untuk memudahkan mobilitas atau pergerakan masyarakat maupun barang dan jasa, khususnya untuk industri dan wisata.

“Penyusunan dokumen perencanaan tersebut merupakan bagian dari readiness criteria dalam pembangunan transportasi publik. Hasil studi diharapkan dapat menjadi dasar untuk membangun kerja sama lebih konkrit dengan memberikan solusi mengatasi kepadatan lalu lintas di aglomerasi Surabaya melalui transportasi publik,” ucapnya. (qq)

Leave A Reply

Your email address will not be published.