SURABAYA, Harnasnews – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memastikan sebanyak tujuh perusahaan asal Inggris menyatakan tertarik untuk berinvestasi di wilayah provinsi yang dipimpinnya.

“Tujuh perusahaan asal Inggris itu telah mengajukan Letter of Intent proyek investasi sektor transportasi umum dan pengolahan sampah menjadi energi panas atau listrik, yaitu Crossrail, Loesche, Mott MacDonald, Seaport Consultant Asia, Arup, Colas Rail, dan Alstom,” katanya melalui keterangan tertulis yang diterima di Surabaya, Rabu.

Gubernur Khofifah menggelar temu bisnis dan investasi bekerja sama dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di London, Inggris, pada Selasa ( 29/8).

Mantan Menteri Sosial itu menyatakan Pemprov Jatim akan terus berupaya mendorong pertumbuhan ekonomi dan melakukan percepatan realisasi investasi dari Inggris.

Terlebih, realisasi investasi Penanaman Modal Asing (PMA) asal Inggris di Jatim selama periode 2010 – 2022 berada di peringkat 13 senilai 162,67 juta dolar Amerika Serikat (AS).

Khofifah memaparkan, secara keseluruhan, pada tahun 2022 realisasi investasi Jatim meningkat signifikan sebesar 38,8 persen dibanding tahun 2021.

Kemudian, di semester satu tahun 2023, nominal realisasi investasi Jatim menembus angka Rp61,2 triliun, meningkat 14,2 persen dari semester I tahun 2022, atau tumbuh sebesar 7,6 persen dari semester II tahun 2022.