Kolonel Arm Putranto Gatot Sri Handoyo, S.Sos, M.M., Sambut 109 Personel Komcad Matra Darat Jajaran Korem 073/Makutarama

Nasional

Salatiga, Harnasnews.com – Komandan Korem 073/Makutarama, Kolonel Arm Putranto Gatot Sri Handoyo, S.Sos, M.M., pimpin acara penerimaan personel Komponen Cadangan (Komcad) matra darat, bertempat di lapangan apel Korem, Jl. Diponegoro, kota Salatiga, Sabtu (09/10/2021).

Dalam sambutannya, Danrem menyampaikan, sebagai insan yang beriman dan bertaqwa, marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas limpahan kasih dan karunia-Nya, pada hari ini kita dapat mengikuti acara penerimaan personel Komponen Cadangan Matra Darat (Komcad) Korem 073/Makutarama.

Komandan Korem mewakili seluruh prajurit Korem 073/Makutarama mengucapkan selamat datang dan terima kasih serta penghargaan yang setinggi-tingginya kepada 109 Personel Komponen Cadangan (Komcad) yang telah kembali dalam menyelesaikan rangkaian Pelatihan Dasar Kemiliteran selama tiga bulan di Dodikjur Rindam IV/Diponegoro.

Kebanggaan dan kebahagiaan kami serta apresiasi yang tinggi dan berterima kasih atas kesiapan serta kerelaan peserta menjadi bagian dari Komponen Cadangan yang merupakan kerelaan untuk ikut tanggung jawab bersama akan pentingnya kesadaran bela negara bagi seluruh rakyat Indonesia.

“Mengingat bela negara bukan hanya menjadi tanggung jawab Kemhan, TNI dan Polri semata, tetapi, bela negara merupakan tugas dan kewajiban kita semua sebagai warga negara Indonesia”,tegas Danrem.

Sistem pertahanan negara Indonesia adalah sistem pertahanan yang bersifat semesta, berarti pertahanan ini melibatkan seluruh warga negara, wilayah, dan sumber daya nasional lainnya.

Pemerintah telah mempersiapkan semua ini secara dini sebagai salah satu wujud persiapan pertahanan negara. Hal tersebut sejalan dengan isi UU Nomor 23 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional (PSDN) untuk pertahanan negara.

Dengan demikian undang-undang dan peraturan mengamanatkan adanya pembentukan dan penyiapan sejak dini Komponen Cadangan guna memperkuat Komponen Utama yakni TNI. Dalam prosesnya, Komcad harus lahir karena kebutuhan kekuatan dan kemampuan kekuatan pertahanan negara Indonesia.

Saya sampaikan bahwa masa purna latihan dasar kemiliteran yang telah dijalani dan penetapan anggota Komcad adalah sebagian tugas awal bagi seorang Komcad bukanlah berarti masa pengabdian kepada bangsa dan negara telah berakhir, sebab didalam kehidupan Komcad tidak ada istilah berhenti berjuang, tetapi yang ada berjuang di tempat dan organisasi maupun tempat kerja yang berbeda hingga waktu yang telah ditentukan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.