Konten Kreator Dituntut Kreatif Ciptakan Inovasi Baru

JAKARTA, Harnasnews –  Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid mengingatkan bahwa perkembangan teknologi akan terus melesat, sehingga para konten kreator harus terus menempa diri dengan kreativitas dan inovasi baru.

Meutya juga menyebut perkembangan teknologi yang pesat dan hadirnya media baru menuntut seorang konten kreator memiliki kemampuan literasi digital yang berbeda dari biasanya.

“Apalagi di era digital saat ini dengan masih tingginya angka penyebaran berita hoaks menjadi tantangan tersendiri bagi seorang konten kreator,” jelas Meutya Hafid sebagai keynote speaker webinar Ngobrol Bareng Legislator bertajuk Konten Kreator dan Industri Kreatif di Indonesia, yang diselenggarakan di Jakarta, Selasa (28/2).

Webinar via zoom yang diselenggarakan DPR bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) diikuti 250 mahasiswa dari wilayah Sumatera Utara dan sebagian wilayah Jabodetabek.

Adapun pembicaranya adalah Konten Kreator, Arif Guci dan Founder Ivora Organizer, Ivo Herawaty.

Menurut Meutya Hafid, profesi konten kreator di Indonesia sangat masif, apalagi Indonesia merupakan negara dengan salah satu pengguna internet terbesar di dunia.

“Konten kreator seperti selebgram, youtuber, beauty vlogger di Indonesia saat ini sangat masif, para pembuat konten ini bisa memberikan hasil pemikirannya yang kreatif dan inovatif untuk mengeksplorasi berbagai produk dan jasa yang beragam,” terangnya.

Di tempat yang sama, Founder Ivora Organizer, Ivo Herawaty mengatakan kontent kreator merupakan sebutan untuk seseorang yang menciptakan konten edukatif ataupun menghibur sesuai dengan keinginan audiens.

Konten yang dibuat terdiri dari berbagai macam, diantaranya seperti audio, video, foto, artikel, podcast, digital art dan masih banyak lagi.

Berbagai konten yang dibuat ini biasanya dibagikan melalui berbagai aplikasi media sosial yang sesuai. “Saat ini, content creator menjadi salah satu pekerjaan impian di industri media,” ujarnya.

Sementara itu, Konten Kreator, Arif Guci mengatakan dirinya mengembangkan sosial media pribadi dengan branding life style and travelling sejak awal tahun 2021.

Saat ini Arif Guci, bekerja di bidang pemasaran dan pengembangan sosial media pada BUMN di PT Pegadaian. “Spesialisasi pada brand dan produk awarenes dan membuat strategi pemasaran dan sosial media,” ujarnya. *

Leave A Reply

Your email address will not be published.