Koramil Kelapa Gading Pelopori Upaya Menciptakan Kerukunan Antar Umat Beragama

Jakarta Utara,Harnasnews.Com –  Wadanramil-06/Kelapa Gading, Kapten Arm Surorejo menghadiri pertemuan  sambung rasa dan buka puasa bersama tokoh masyarakat kelurahan Kelapa Gading Barat dan seksi hubungan antar agama dan kemasyarakat paroki Gereja Santo Yakobus Kelapa Gading Kelapa Gading Jakut, Rabu (6/6/2018).

Dalam kesempatan tersebut Danramil  menyampaikan bahwa keharmonisan dalam komunikasi antar sesama penganut agama adalah tujuan dari terciptanya kerukunan beragama. Dengan adanya kerukunan antar umat beragama maka akan menciptakan masyarakat yang bebas dari ancaman, kekerasan hingga konflik agama.

“Kerukunan merupakan kebutuhan bersama yang tidak dapat dihindarkan di tengah perbedaan. Perbedaan bukan merupakan penghalang untuk hidup rukun dan berdampingan dalam bingkai persaudaraan dan persatuan. Kesadaran akan kerukunan hidup umat beragama harus bersifat dinamis, humanis dan demokratis sehingga dapat ditransformasikan kepada masyarakat  kalangan bawah sehingga kerukunan tersebut tidak hanya dapat dirasakan/dinikmati oleh kalangan-kalangan tertentu saja,”ucap Danramil

Kerukunan beragama di tengah keanekaragaman budaya dianggap penting dan merupakan aset dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia. Dalam perjalanan sejarah bangsa, Pancasila telah teruji sebagai alternatif yang paling tepat untuk mempersatukan masyarakat Indonesia yang sangat majemuk di bawah suatu tatanan yang inklusif dan demokratis.

Leave A Reply

Your email address will not be published.