KPK Diminta Ungkap Dugaan Permainan Lelang Proyek di Sejumlah Daerah

JAKARTA, Harnasnews.com  – Lembaga Pengawas Kinerja  Aparatur Negara (LPKAN) Indonesia, mendesak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) segera menyelidiki dugaan ‘permainan’ dalam menentukan pemenang lelang tender proyek di sejumlah pemerintah daerah.

Hal tersebut dikatakan Ketua Umum LPKAN Indonesia R M. Ali Zaini,  menyusul pernyataan Wakil Ketua KPK Alexander Marwata yang menceritakan pengalaman anehnya terkait pemilihan pemenang lelang tender infrastruktur di daerah yang kalah meski menawar dengan harga terendah.

Ali Zaini mengungkapkan, bahwa persoalan itu bukan hal yang aneh. Hal itu kata dia sudah menjadi rahasia umum. Ali juga mengaku mendapatkan informasi terkait dengan adanya kejanggalan dalam lelang tender infrastruktur di sejumlah pemerintah daerah.

Menurut Ali, berdasarkan data yang didapat LPKAN Indonesia, ada peserta lelang di salah satu pemerintah daerah disinyalir dikuasai oleh salah satu grup perusahaan tertentu. Pemerintah daerah juga diduga lebih mengakomodasi perusahaan di luar daerah ketimbang perusahaan lokal.

“Pihak Pemkab diduga tidak mengakomodasi perusahaan lokal. Ini kan suatu yang aneh. Artinya ada dugaan terjadinya kong-kalingkong antara oknum Pemkab dengan pihak kontraktor dalam pengaturan lelang tersebut jelas nampak,” ungkap Ali, Jumat (8/10/2-21), tanpa menyebut daerah mana yang dimaksud.

Oleh karenanya, Ali menegaskan, LPKAN Indonesia segera melaporkan adanya dugaan permainan proyek tersebut ke lembaga anti rasuah guna dilakukan penyelidikan lebih lanjut terkait dengan adanya dugaan penyimpangan yang dilakukan oleh oknum pejabat daerah.

Leave A Reply

Your email address will not be published.