KPU Pamekasan Mulai Lakukan Sortir Surat Suara

Syamsul menuturkan, bahwa jumlah surat suara sebanyak 700.173 ini lebih dari jumlah pemilih, mengingat jumlah pemilih terdaftar yang masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT) di Kabupaten Pamekasan sebanyak Pesta demokrasi lima tahunan ini akan diikuti sebanyak 680.392 orang pemilih. Perincian pemilih laki-laki sebanyak 328.442 orang dan pemilih perempuan sebanyak 351.950 orang.

“Jadi, ada sisa 19.781 dan ini untuk cadangan apabila nanti ada surat suara yang rusak,” tuturnya.

Selain itu, Syamsul menambahkan, bahwa KPU Pamekasan melibatkan sebanyak 20 sukarelawan yang melakukan proses sortir surat suara di Gudang Logistik.

“Mereka akan bekerja memilah dan melipat surat suara pilkada serentak hingga sepakan kedepan,” tambahnya.

Menurut Syamsul, total jumlah surat suara yang diterima KPU Pamekasan untuk pelaksanaan pilkada serentak yang akan digelar 27 Juni 2018 itu sebanyak 700.173 surat suara yang dibungkus 700 kardus.

“Surat suara itu dikirim langsung oleh perusahaan percetakan, dan selanjutnya disimpang di gudang logistik KPU Pamekasan,” tandasnya.

Sementara di Pamekasan, ada dua pasangan Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Pamekasan yang akan bersaing memperebutkan dukungan massa untuk pilkada mendatang. Kedua pasangan calon itu, masing-masing Barut Tamam-Raja`e (Berbaur) dengan nomor urut 1 dan Kholilurrahman-Fathor Rohman (Kholifah) dengan nomor urut 2.

Pasangan Berbaur diusung oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Gerindra. Sedangkan pasangan Kholifah diusung oleh Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Golkar, Partai Nasional Demokrat (Nasdem) dan Partai Demokrat. (Red/Hasib).

Leave A Reply

Your email address will not be published.