Kunjungi Korban Kebakaran Taman Kota, Mensos Serahkan Bantuan Senilai Hampir Rp735 Juta

JAKARTA,Harnasnews.Com  – Baru tiba di Jakarta dari rangkaian dinas di Jawa Tengah, Menteri Sosial Idrus Marham kembali turun menemui rakyat. Kali ini, Mensos hadir di tengah-tangah korban kebakaran di Taman Kota, Kecamatan Kembangan, Jakarta Barat.

Mensos menyapa, bersimpati dan memberikan semangat kepada warga, selain tentu saja menyampaikan bantuan. Bantuan darurat yang disampaikan kepada korban kebakaran meliputi makanan, minuman, bantuan anak sekolah, pakaian, obat-obatan, dan kebutuhan lain yang mendesak.

“Total bantuan senilai sekitar Rp735 juta. Alhamdulillah, menurut keterangan warga, bantuan sudah diterima dan dalam kondisi cukup. Bahkan yang terluka sudah mendapat bantuan,” kata Mensos, di Taman Kota, Kembangan, Jakarta Barat, Selasa (03/04/32018).

Adapun yang masih menjadi kajian Kemensos adalah bagaimana membantu memulihkan tempat tinggal yang hangus terbakar. Mensos menyatakan, untuk tempat tinggal, data menunjukkan ada sekitar 300 rumah yang rusak. Adapun dari jumlah tersebut, sebanyak sekitar 185 rumah diketahui berupa kontrakan.

“Nah di antara rumah kontrakan tadi, ada yang menempati fasilitas umum (fasum),” kata Mensos. Menurut Mensos, lokasi perumahan penduduk berada pada lokasi proyek yang dahulu dikembangkan oleh PT Taman Kota.

“Pertanyaannya, apakah masih ada tanggung jawab PT. Taman Kota dalam pengelolaan kawasan ini. Nah, untuk itu, kita harus duduk bersana dan berbicara dengan Bapak Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, untuk membantu mengkaji masalah ini,” kata Mensos.

Namun sebagaimana arahan Presiden Joko Widodo, Mensos menyatakan, apapun keputusan yang dibuat pemerintah harus untuk kebaikan rakyat. “Presiden menyatakan, apapun keputusan yang dibuat pemerintah harus untuk kebaikan rakyat,” kata Mensos.

Musibah kebakaran melanda pemukiman warga di Jalan Komplek Taman Kota RT 01 dan 16 di RW 05, Kelurahan Kembangan Utara, Kecamatan Kembangan, Jakarta Barat. Sebanyak 501 (2.004 jiwa) terdampak oleh musibah ini, termasuk dua warga meninggal, satu lima luka ringan dan satu luka berat.

Untuk merespon musibah ini, Kemensos sudah berkoordinasi dengan Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta dan Kota Jakarta Barat, menggerakkan personel Tagana, mendirikan dapur umum lapangan dan sejumlah langkah lain. Nilai bantuan sosial secara total mencapai hampir Rp735.000.000,-.(Red/Dar)

Leave A Reply

Your email address will not be published.