Lantik 119 Kades Terpilih, Bupati Harap Segera Bertindak

Pelantikan Kepala Desa

SUMBAWA,Harnasnews.com – Meski di tengah mewabahnya viruscorona, Bupati Sumbawa HM Husni Djibril, B.Sc,. tetap melakukan pelantikan untuk 119 Kades Terpilih Kabupaten Sumbawa.

Pelantikan tersebut dilakukan semata untuk dapat segera mengisi kekosongan dan secepatnya dapat bekerja membantu menangani penyebaran Covid-19 di Desa masing-masing.

Pelantikan serentak yang dipusatkan di Aula Lantai III Kantor Bupati Sumbawa Rabu dan Kamis (15-16/04/2020) dilaksanakan dalam 4 gelombang dan berlangsung sangat ketat sesuai dengan protokol kesehatan serta pengaturan tempat duduk yang telah disesuaikan, guna meminimalisir kontak fisik dan menghindari berkumpulnya massa dalam jumlah banyak.

Dalam pelantikan kali ini, pendukung maupun istri kades sendiri dilarang mendampingi suaminya yang dilantik, wartawan pun dilarang meliput secara langsung. Para Kepala Desa yang akan dilantik diwajibkan menjalani beberapa tahapan pengecekan yang dimulai dari pintu masuk Kantor Bupati sampai ruangan pelantikanpun diperiksa.

Hal itu dilakukan demi menjaga kemungkinan dan antisipasi sedini mungkin mengingat Kabupaten Sumbawa telah memiliki kasus positif Covid-19.

Bupati Sumbawa, HM Husni Djibril, B.Sc,. dalam sambutannya, mengucapkan selamat kepada 119 kepala desa terpilih yang telah berhasil merebut simpati mayoritas masyarakat dan dipercaya untuk mengemban amanah. Bupati berpesan, agar Kades terpilih tetap merangkul semua pihak dan memberikan pelayanan sebaik-baiknya kepada warga di Desanya masing-masing tanpa pandang bulu. “Tidak ada lagi pendukung dan bukan pendukung, semua warga sudah menjadi tanggung jawab saudara sebagai Kades,” kata Bupati.

Bupati juga menyampaikan pesan dan harapan agar seluruh kades terpilih segera mempelajari dan memahami tugas, kewajiban dan wewenang sebagai kades. Jalin komunikasi dan koordinasi yang baik dengan seluruh pengurus kelembagaan yang ada di desa, terutama dengan BPD sebagai mitra pemerintah desa.

Setelah pelantikan ini, segera benahi masalah sumberdaya aparatur, sumber pendapatan desa dan penerapan manajemen yang baik demi terealisasinya penyelenggaraan pemerintah desa yang baik, mandiri, maju dan tidak ketinggalan dengan desa-desa lain.

Yang tidak kalah penting, lanjut Bupati, di tengah pandemic Covid-19, Kades yang sudah dilantik segera bertindak cepat dalam mendukung kebijakan pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten dalam percepatan penanggulangan Covid-19.

“Segera tindaklanjuti surat edaran menteri desa, salah satunya pembuatan pos jaga desa dan pembentukan relawan desa dalam melawan penyebaran dan memutus mata rantai Covid-19 di Kabupaten Sumbawa ini,” tutup Bupati. (Ril)

Leave A Reply

Your email address will not be published.